Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Effendi Simbolon, Politikus PDI Perjuangan: Komunikasi PDIP-Jokowi Sudah Berjalan Baik

Rabu 11 Jan 2017 16:00 WIB

Red:

Bisa Anda jelaskan soal instruksi Megawati Soekarnoputri untuk mengawal terus pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla

Ya itu kan sudah sesuai dengan platform dan visi-misi dari partai PDI Perjuangan, yang tak lain merupakan partai pengusung pemerintahan yang sah. Penekanannya tadi oleh ibu disampaikan lagi kepada para kader. Untuk lebih menguatkan lagi dukungannya kepada pemerintah saat ini, bukan hanya sebatas partai pengusung saja, tetapi juga sebagai partai pembela. Kemudian pesan itu juga harus dipahami oleh seluruh kader PDI Perjuangan

Hubungan PDIP dengan Joko Widodo bagaimana selama dua tahun terakhir?

Hubungannya bagus dan selalu dalam komunikasi yang baik. Bahwa kita kadang juga memberikan sinyal bahwa ada kebijakan yang mungkin kurang selaras, ya, kami ingatkan. Tapi, dalam ini bukan berarti kritis tapi lebih tepatnya konstruktif. Jadi mengingatkan secara konstruktif itu kan berbeda dengan mengkritisi secara desdruktif.

Di mata Anda sendiri bagaimana kinerja Pak Joko Widodo selama dua tahun terakhir?

Ya, cukup bagus, meski masih banyak yang harus diselesaikan. Tadi pagi juga beliau memaparkan bagaimana pertumbuhan ekonomi kita. Kemudian triwulan ketiga sedikit menurun. Kemudian juga soal pembangunan, seperti pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu. PLBN Terpadu di Entikong, Kalimantan Barat, dan PLBN Terpadu di Belu, Nusa Tenggara Timur.

Apa harapan Anda kepada pemerintah ini dalam dua tahun ke depan?

Ya tentu harapannya lebih berfokus saja pada sektor pembangunan yang menyangkut kehidupan masyarakat. Kemudian juga jangan terlalu tergoda untuk membangun infrastruktur dengan mengandalkan pinjaman dan utang luar negeri. Karena itu akan menjerat kita dan beban kita akan lebih berat lagi ke depannya. Andalkan saja obligasi dalam negeri, daya beli masyarakat. Rakyat juga merasa dilibatkan diikutsertakan dalam pembangunan.

Terkait 2019, apakah sudah ada arahan dari ketua umum partai untuk tetap mendukung Joko Widodo?

Kalau itu, (saya) belum tahu, masih belum ada pembahasan. Kita bicara pemerintahan saat ini, lagi pula pemerintahan di bawah kepemimpinan Pak Joko Widodo dan Jusuf Kalla masih akan berlangsung sampai 2019 nanti. Dalam pidatonya tadi pagi, Ibu juga memberikan pesan agar kami tidak ragu-ragu memberikan dukungan penuh pada pemerintahan.       Oleh Ali Mansur, ed: Fitriyan Zamzami

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA