Sabtu 07 Jan 2017 16:00 WIB

Lintas Pilkada

Red:

KPU Bengkulu Temukan Ribuan Pemilih Ganda

BENGKULU -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu menemukan ribuan pemilih ganda yang masuk ke dalam data yang akan menjadi daftar pemilih Pemilihan Kepala Daerah 2018 di Kota Bengkulu.

Komisioner Divisi Data dan Logistik KPU Kota Bengkulu Zaini mengatakan, masih menemukan sekitar 9.039 data pemilih ganda. "Walaupun tahapan masih belum berlangsung, kami sudah memulai beberapa persiapan, termasuk melakukan pemeliharaan data pemilih," kata dia di Bengkulu, Jumat (6/1).

Dengan pemeliharaan berkelanjutan terhadap daftar pemilih, Zaini meyakini, jumlah pemilih untuk Pilkada Kota Bengkulu 2018 akan lebih akurat. "Ini upaya kita guna meminimalkan pemilih ganda, meninggal, atau pindah domisili serta mengakomodasi yang belum masuk daftar," kata dia.

Jika perbaikan data pilih hanya dilakukan saat tahapan pemilihan kepala daerah, menurut Zaini, hal itu tentu membutuhkan energi yang besar, tapi hasilnya belum tentu maksimal.

"Jika dipelihara berkelanjutan, kita tidak perlu repot lagi saat tahapan nanti, tinggal memasukkan pemilih pemula, misalnya, dan datanya juga lebih akurat," ucapnya.

KPU Kota Bengkulu melibatkan banyak instansi dalam pemeliharaan data pemilih, seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu, TNI, dan Polri.

"Di pencatatan sipil, kita tahu domisili penduduk, pemilih pemula, yang meninggal dan lainnya, dari TNI serta Polri kita melihat mereka yang sudah memasuki masa pensiun dan mendapatkan hak pilih," ujarnya.    antara, ed: Hafidz Muftisany

Musi Banyuasin Uji Coba Penghitungan Suara

PALEMBANG -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan uji coba penghitungan suara yang kedua untuk pemilihan kepala daerah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, pada pertengahan Februari mendatang.

"Pada Jumat ini, kita melakukan uji coba penghitungan suara yang kedua untuk pilkada di Musi Banyuasin," kata Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Selatan Heny Susantih saat dihubungi di Palembang, Jumat (6/1).

Menurut dia, untuk uji coba penghitungan suara yang pertama sudah dilaksanakan pada 21 Desember 2016. Dengan adanya hal itu maka saat pemungutan suara pada pilkada Musi Banyuasin nanti masyarakat sudah bisa mengetahui hasilnya.

Ia mengatakan, untuk penetapan hasil pemungutan suara pada pilkada Musi Banyuasin nanti tentunya masih secara manual. Sebagaimana diketahui, pada pilkada Musi Banyuasin diikuti dua pasangan calon bupati-wakil bupati, Dodi Reza Alex-Beni Hernedi dari jalur partai politik dan Amiri Aripin-Ahmad Toha dari jalur independen.

Sementara, lanjutnya, untuk daftar pemilih tetap (DPT) pada pilkada Musi Banyuasin yang ditetapkan pada 6 Desember lalu sebanyak 464.909 orang.

Pada 2017 di Sumatra Selatan hanya ada satu daerah yang melaksanakan pilkada, yaitu Kabupaten Musi Banyuasin. Selanjutnya, pada 2018 ada sembilan kabupaten/kota dan pilkada gubernur.    antara, ed: Hafidz Muftisany

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement