Senin 26 Dec 2016 11:37 WIB

Lorenzo: MotoGP Nikmati Era Keemasan

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Israr Itah
Jorge Lorenzo
Foto: EPA/TRACEY NEARMY
Jorge Lorenzo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juara dunia tiga kali, Jorge Lorenzo menyebut ajang MotoGP tengah menikmati masa keemasannya setelah beberapa tahun dalam kegelapan dan minim dukungan. Sepanjang 2012-2014, hanya tiga pabrikan yang berkontribusi di balap motor kelas primer ini.

Tahun depan setidaknya enam pabrikan berkompetisi, yaitu Honda, Yamaha, Ducati, Suzuki, Aprilia dan KTM. Sistem Electronic Control Unit (ECU) tunggal yang mulai diterapkan tahun ini menjadi salah satu faktor pemicu lebih banyak pabrikan mengikuti balapan elite ini.

"Ini adalah era keemasan. Kami memulainya dengan masa sulit ketika hanya ada 17 motor di lintasan sekitar tiga hingga empat tahun lalu," ujarnya, dilansir dari Crash, Senin (26/12).

Kompetisi tahun ini lebih terlihat dengan membukukan sembilan pembalap mewakili empat produsen dan enam tim berbeda berdiri di podium utama. Tahun depan, kata Lorenzo ada 23 pembalap dan 18 di antaranya sangat potensial memenangkan perlombaan.

"Kita lihat tahun ini ada sembilan pemenang. Jadi, tahun depan pastinya sangat menarik bagi penonton," kata Lorenzo.

The Mallorca menambahkan dirinya sangat berambisi menjadi juara dunia bersama Ducati tahun ini. Lorenzo bersama Yamaha sejak 2007 dan kini berpisah dengan juara dunia sembilan kali, Valentino Rossi yang menjadi rekan satu timnya dahulu.

Maverick Vinales dari Suzuki menggantikan Lorenzo di Yamaha. Honda adalah satu-satunya pabrikan yang mempertahankan dua pembalap lamanya, yaitu Marc Marquez dan Dani Pedrosa. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement