Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Final Supercoppa Italiana

Berikut Data dan Fakta Juventus Kontra Milan Malam Ini

Jumat 23 Dec 2016 19:57 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Andri Saubani

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri (kiri) dan kiper Gianluigi Buffon jelang konferensi pers partai final Supercoppa Italiana, di Doha, Qatar, Kamis (22/12). Juventus akan melawan AC Milan pada laga malam ini.

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri (kiri) dan kiper Gianluigi Buffon jelang konferensi pers partai final Supercoppa Italiana, di Doha, Qatar, Kamis (22/12). Juventus akan melawan AC Milan pada laga malam ini.

Foto: EPA/Noushad Thekkayil

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA – Dua raksasa Italia, Juventus dan AC Milan akan bersaing dalam memperbutkan trofi bergengsi Supercoppa Italiana 2016 yang digelar di stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar pada, Jumat (23/12) pukul 23.30 WIB. Apabila menilik sejarah pertemuan kedua tim, skuatBianconeri lebih unggul dari lawannya i Rossoneri.

Milan memang sedang menyusun proyek baru untuk bisa kembali ke teritori sebenarnya. Terpuruk pada beberapa musim terakhir Il Diavollo Rosso kini merangkak naik di bawah asuhan Vicenzo Montella dan menjadi penantang Juventus di kompetisi domestik.

Namun, melihat dari catatan beberapa tahun terakhir Signora Omidici keluar sebagai tim yang diunggulkan meraih trofi Supercoppa kali ini. Tetapi, Juve tak bisa menganggap Milan sebelah mata lantaran pada pertemuan pertama Serie A lalu Si Nyonya Tua mampu dibuat terpana melalui gol tunggal Manuel Locatelli.

Berikut data dan fakta pertandingan Supercoppa Italiana 2016 yang mempertemukan Juventus versus AC Milan, Jumat (23/12) dirangkum dari berbagai sumber : 

1 AC Milan merupakan juara pertama trofi Supercoppa Italiana pada 1988.

1 AC Milan hanya menang satu kali dari enam pertemuan terakhir mereka melawan Juventus.

3 La Vecchia Signora memenangkan tiga dari empat laga final Supercoppa Italiana terakhir, satu kali kalah atas Napoli pada 2014 silam.

3 I Rossoneri menjadi runner up secara tiga kali dalam sembilan kali mengikuti final Supercoppa Italiana.

4 Juventus menjadi runner up secara empat kali dalam 11 kali mengikuti final Supercoppa Italiana.

7 Juventus merupakan peraih terbanyak Supercoppa dengan torehan tujuh gelar diikuti Milan diposisi kedua dengan perolehan enam trofi.

9 Sepanjang sejarah, ada sembilan pertandingan Supercoppa Italiana yang digelar di luar Italia, di mana ini merupakan kali kedua Doha menjadi tuan rumah laga akbar ini.

29 Ini merupakan laga Supercoppa Italiana ke-29 setelah pertama kali dibentuk pada 1988. Milan kala itu menjuarai ajang Supercoppa tersebut melalui trio maut Frank Rijkaard, Ruud Guillit, dan Van Basten.

2011 Terakhir kali AC Milan memenangkan Supercoppa Italiana melawan Inter Milan dengan skor 2-1.

2014 Terakhir kali Juventus memainkan laga Supercoppa Italiana di Doha, mereka kalah dari Napoli melalui babak adu penalti.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA