Senin 19 Dec 2016 07:48 WIB

Berolahraga Bantu Tingkatkan Memori Jangka Pendek

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Wanita berolahraga
Wanita berolahraga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda mungkin sering lupa pada peristiwa yang baru saja terjadi dan itu sangat merepotkan. Untuk mengurangi kondis tersebut, cobalah berolahraga lebih sering.

Penelitian yang dilakukan di Inggris mengungkapkan jika olahraga dapat membantu meningkatkan memori jangka pendek. Hasil riset tersebut disampaikan pada konferensi tahunan British Psychological Society’s Division of Sport and Exercise Psychology di Cardiff.

Dr David Marchant dari Edge Hill University, Lancashire, menemukan efek dari bersepeda yang dilakukan pada dua percobaan yang berbeda. Sebanyak 10 orang yang sehat dan aktif secara fisik diminta untuk mengingat kata-kata  sebelum dan setelah bersepeda selama 30 menit, atau sebelum dan setelah istirahat tenang dengan duduk membaca.

Hasil dari percobaan yang dilakukan menunjukan jika orang yang mengingat kata-kata setelah berolahraga justru lebih baik daripada orang yang duduk bersantai. Hasil ingatan baik pun terbukti ketika peserta mencoba mengulangi kata-kata setelah 30 menit berolahraga.

Temuan ini juga sejalan dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan aktivitas fisik meningkatkan memori dan dapat bermanfaat bagi mereka yang sedang mempelajari informasi baru. Sementara itu penelitian skala kecil, studi kualitatif yang dilakukan oleh para peneliti Michigan State University juga menemukan hubungan antara memori dan kebugaran.

 

Setelah 75 mahasiswa mengikuti tes selama dua hari, tim melihat mereka dengan tingkat kebugaran terendah berjuang paling tinggi untuk mengingat informasi dan paling mudah kehilangan informasi yang didapatkan, dilansir dari Malay Mail Online.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement