Ahad 18 Dec 2016 17:00 WIB

Kastil Ljubljana di Ketinggian

Red:

Kastil atau istana kecil yang terletak di puncak ketinggian sebuah bukit (Castle Hill) terlihat jelas dari Center. Saat malam hari kastil tersebut sangat kontras karena  bercahaya hijau. Bendera Ljubljana tampak berkibar di atas bentengnya.

Bangunan abad ke-16 ini juga merupakan landmark Kota Ljubljana. Puncak tertingginya berupa sebuah menara pandang di mana kita bisa melihat seluruh bagian Kota Ljubljana. Untuk mencapai kastil tersebut bisa dengan berjalan kaki menaiki tangga, tetapi0 yang lebih mudah adalah dengan trem listrik (funicular).

Kali ini saya pergi bersama suami dan seorang kenalan warga lokal.  Setelah membeli tiket sebesar 10 euro per orang, kami memasuki ruang tunggu kecil.  Tak lama trem listrik tiba dari atas.  Trem lebih mirip kereta gantung namun berjalan di atas rel.  Keseluruhan dindingnya dari kaca tembus pandang. Tak sampai lima menit trem sudah sampai di halaman kastil yang berjarak 118 meter dan ketinggian 70 meter itu.

Untuk mencapai menara pandang, kami masih harus naik lift disambung dengan 100 anak tangga melingkar. Alhasil, sampai di menara hari sudah menjelang senja. Maka sunset pun kami nikmati sembari mengitarkan pandangan menjelajah Kota Ljubljana dari ketinggian.

Ternyata bukit tempat kastil ini berada dikelilingi oleh Sungai Ljubljanica. Ini adalah salah satu strategi pertahanan di samping menempatkan kastil di ketinggian yang semata-mata untuk faktor keamanan. Puas memandangi kota, kami menyempatkan menonton film animasi sejarah pembangunan kastil yang berdurasi 12 menit.

Sesampainya di halaman kastil, lampu-lampu sudah gemerlap. Rupanya restoran akan mulai beroperasi. Terdapat juga sebuah toko suvenir yang sangat cantik, sebanding dengan harganya yang lumayan mahal.

 

           

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement