Ahad 18 Dec 2016 17:00 WIB

Naik Apa Habis Berapa?

Red:

Untuk urusan visa, negara Slovenia menginduk ke Austria. Bila kita tidak membutuhkan visa Schengen, bisa langsung ke kedubes Austria. Namun, bila menginginkan visa Schengen, pengurusan dilakukan di kantor VSF yang bertempat di Mal Kuningan City.  Biaya visa Schengen Austria adalah Rp 1,6 juta.

Tidak ada penerbangan langsung ke Slovenia. Kami menggunakan Turkish Air, transit di Istanbul selama dua jam dan dilanjutkan penerbangan dengan pesawat yang lebih kecil ke Ljubljana. Penerbangan lanjutan ini memakan waktu hampir tiga jam. Beberapa pilihan penerbangan lain bisa dipilih, tetapi jangan lupa untuk memesan Muslim meal saat pemesanan tiket. Pilihan lain, mendarat di negara terdekat, bisa Austria atau Italia kemudian berkereta atau sewa mobil menuju Slovenia.

Dari Aerodrom Ljubljana menuju kota bisa ditempuh dengan taksi atau penjemputan dari hotel apabila tersedia. Tarif taksi argometer bermacam-macam, namun kesemuanya tertera dengan jelas di dasbor. Tarif buka pintu 0,8 sampai 1,5 euro dan selanjutnya 0,7 s/d 1,7 euro per kilometer. Beberapa taksi menerima pembayaran dengan kartu kredit.

Transportasi di dalam Kota Ljubljana bisa menggunakan bus kota yang  sudah terintegrasi dengan baik. Selain itu, ada sepeda yang bisa disewa di pusat informasi Turis.  Tersedia pula Tourist Card yang bisa dibeli online. Dengan kartu tersebut, selain gratis menumpang bus kota juga bebas masuk ke Kastil Ljubljana dan beberapa museum.

Banyak sekali pilihan paket tur di Ljubljana. Dari City Tour jalan kaki plus naik kapal selama dua jam seharga 10 euro seperti yang saya pilih, ada juga city tour bersepeda, tur khusus kuliner, tur dengan guide orang maupun virtual, tur khusus kastil. Semua pilihan tersebut tersedia di Pusat Informasi Turis di Center. Mau jalan-jalan mandiri juga bisa, dengan berbekal peta dan Tourist Guide Book gratis.

Namun, kalau ingin yang lebih privat dan fleksibelseperti saya berdua suamibisa sewa taksi dan harga sesuai kesepakatan. Kami berkendara taksi pulang pergi dan jalan-jalan di Bled selama satu jam, dengan biaya 100 euro. Lumayan ekonomis dibandingkan dengan tur yang ditawarkan hotel sebesar 71 euro per orang.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement