Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

ASDP Merak Siapkan 54 Kapal Angkutan Natal

Ahad 18 Dec 2016 05:15 WIB

Red: Angga Indrawan

Pemudik yang menuju Pelabuhan Merak.

Pemudik yang menuju Pelabuhan Merak.

Foto: Raisan Al Farisi/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- Perseroan Terbatas Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Indonesia Ferry (Persero) cabang Merak menyiapkan sebanyak 54 kapal roll on roll of (roro) untuk melayani angkutan Natal dan Tahun Baru 2017. ASDP berharap penyeberangan Merak-Bakauheni berjalan lancar.

"Persiapan telah dilakukan maksimal," kata Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Mario S Oetomo di Merak, Sabtu (17/12).

Dari 84 kapal yang melayani penyeberangan lintasan Merak-Bakauheni, Lampung, hanya 54 kapal yang siap dioperasikan.  Selain itu juga ASDP Merak memaksimalkan loket layanan tiket untuk mengantisipasi penumpukan orang dan kendaraan khususnya di waktu arus puncak.

Saat ini, ASDP Merak memiliki 22 toll gate yang terdiri dari delapan loket sepeda motor (4 reguler, 4 tambahan), 10 loket kendaraan roda empat (4 reguler, 6 tambahan di Kajima), dan empat unit loket untuk truk dan bus. Di samping itu juga tersedia 17 loket penumpang yang terdiri dari delapan loket reguler, empat loket cadangan, satu loket dari stasiun KA, dan empat loket tambahan.

"Kami memperkirakan puncak Natal akan terjadi 23 dan 24 Desember 2016 dan puncak arus libur Tahun Baru pada 30 dan 31 Desember 2016," katanya menjelaskan.

Menurut dia, penumpang angkutan Natal dan Tahun Baru yang menggunakan jasa penyeberangan Pelabuhan Merak diperkirakan naik sekitar tiga persen dibandingkan tahun sebelumnya.  Kenaikan penumpang tersebut sudah diantisipasi dengan perbaikan infrastruktur sarana prasarana, termasuk pengoperasian dermaga VI. Begitu juga fasilitas untuk penumpang pejalan kaki dan kendaraan sehingga tidak terjadi kemacetan maupun penumpukan penumpang.

"Kami komitmen mengutamakan pelayanan kepada masyarakat yang hendak Natal dan Tahun Baru dengan lancar serta selamat sampai tujuan," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA