Monday, 30 Safar 1444 / 26 September 2022

Pemkot Pariaman akan Bangun Dermaga di Pulau Tangah

Jumat 16 Dec 2016 14:35 WIB

Red: Hazliansyah

   Pembangunan dermaga  (Republika/Raisan Al Farisi)

Pembangunan dermaga (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, PARIAMAN -- Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, mengajukan bantuan biaya ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk pembangunan dermaga terapung di Pulau Tangah.

Kepala Bidang Kelautan Pesisir dan Pulau Pulau Kecil (KP3K) Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Pariaman, Zainal di Pariaman, Jumat, mengatakan dermaga terapung tersebut dibangun untuk mendukung pengembangan objek wisata taman burung di pulau tersebut.

"Pemerintah daerah telah menyiapkan anggaran melalui APBD 2017 sebesar Rp 1,6 miliar untuk pembangunan tambatan dermaga. Namun, khusus bagian depan atau tempat sandaran kapal pemerintah Kota Pariaman mengharapkan bantuan pihak kementerian," katanya.

Ia menjelaskan pembangunan dermaga terapung dengan konsep berbentuk T tersebut diperkirakan bisa memakan biaya lebih dari Rp 5 miliar. Pembangunan dermaga terapung tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah setempat dalam mengembangkan program ekonomi masyarakat kawasan pesisir.

Pengembangan Pulau Tangah salah satunya ditujukan untuk menghindari eksploitasi kawasan wisata di Pulau Angso Duo.

"Kami khawatir tidak dibatasinya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pulau Angso Duo dapat menimbulkan kerusakan ekosistem, maka perlu dialihkan ke pulau lainnya. Selain itu juga ditujukan agar wisatawan yang datang menemukan objek wisata yang baru," ujarnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA