Saturday, 13 Rajab 1444 / 04 February 2023

33 Madrasah akan Peroleh Adiwiyata Nasional 2016

Ahad 11 Dec 2016 17:22 WIB

Red: Agus Yulianto

Siswi madrasah tengah mengikuti ujian. (Ilustrasi)

Siswi madrasah tengah mengikuti ujian. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Direktur Pendidikan Madrasah Kementrian Agama RI,  Nur Kholis Setiawan mengatakan, bahwa 33 madrasah akan mendapatkan penghargaan Adiwiyata nasional tahun 2016. Penghargaan atas gerakan kepedulian lingkungan ini dijadwalkan akan diberikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya pada Selasa (13/12) mendatang.

M Nur Kholis menyambut baik atas prestasi madrasah hingga diganjar Adiwiyata. Menurutnya, penghargaan ini merupakan salah satu bentuk pengakuan atas partisipasi aktif madrasah dalam ikut menciptakan lingkungan belajar yang baik, sehat, dan ideal.

"Sebagai sekolah berciri khas Islam, sudah semestinya madrasah menjadi tempat ideal untuk menumbuhkan kesadaran akan pelestarian lingkungan hidup. Karena Islam cinta kebersihan, kesehatan, dan kelestarian lingkungan," ujarnya, Ahad (11/12).

"Direktorat Pendidikan Madrasah melalui sejumlah programnya terus berkomitmen dalam membumikan nilai-nilai keislaman tentang cinta lingkungan kepada peserta didik," tambahnya.

Program Adiwiyata dicanangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Penghargaan Adiwiyata diberikan setiap tahun kepada lembaga pendidikan yang dinilai peduli terhadap kelestarian lingkungan. Program ini bertujuan, menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah atau madrasah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga menjadi generasi yang bertanggung jawab dalam penyelamatan.

sumber : kemenag.go.id
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA