Sunday, 9 Muharram 1444 / 07 August 2022

Menunggangi Kuda, Aa Gym Datang ke Aksi Nusantara Bersatu

Rabu 30 Nov 2016 13:43 WIB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Agus Yulianto

Abdullah Gymnastiar yang dikenal dengan nama AA Gym menyampaikan pidatonya pada acara Apel Nusantara Bersatu di Lapangan Gasibu Bandung, Jawa Barat, Rabu (30/11).

Abdullah Gymnastiar yang dikenal dengan nama AA Gym menyampaikan pidatonya pada acara Apel Nusantara Bersatu di Lapangan Gasibu Bandung, Jawa Barat, Rabu (30/11).

Foto: Antara/Agus Bebeng

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Puluhan ribu massa tumpah ruah di Lapangan Gasibu menyemarakan aksi Nusantara Bersatu, Rabu (30/11). Pejabat pemerintahan, aparat kepolisian, TNI, ormas, tokoh agama hingga pelajar ikut andil menyuarakan persatuan.

Ada satu hal yang menarik dalam aksi Nusantara Bersatu. Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid Bandung KH. Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym datang dengan menunggangi seekor kuda berwarna cokelat.

Aa Gym menunggangi kuda menuju Lapangan Gasibu mulai dari Masjid Pusdai yang berjarak sekitar 500 meter diiringi ratusan santrinya yang ikut dalam aksi Nusantara Bersatu. Mengenakan baju koko berwarna biru dan celana hitam, Aa Gym disambut ribuan massa yang terdiri dari berbagai suku, ras, dan agama. Tidak lupa sorban berwarna merah putih hang dililitkan ke kepalanya.

Aa Gym menyampikan pesan-pesan persatuannya di hadapan puluhan ribu massa yang ikut menyemarakan aksi Nusantra Bersatu. Aa Gym menyebutkan perbedaan merupakan hal berharga yang dimiliki Indonesia. Mulai dari suku, bahasa, hingga agama di Indonesia yang merupakan simbol Bhineka Tunggal Ika.  

"Rumusnya sederhana kalau ingin akur. Tiga saya. Satu, saya aman bagimu. Dua, saya menyenangkan bagimu. Tiga, saya bermanfaat bagimu," kata Aa.

Selain Aa Gym, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan juga memberikan orasi kenegaraannya. Serta tokoh lintas agama lainnya. Semuanya serentak mendorong perdamaian di tengah keberagaman Indonesia untuk menjaga keutuhan NKRI.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA