Rabu 23 Nov 2016 09:36 WIB

Lima Perawatan Rumahan untuk Bayi

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Andi Nur Aminah
Jangan panik bila bayi pilek (Ilustrasi)
Jangan panik bila bayi pilek (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Penggunaan obat komplementer dan alternatif saat ini bukan hanya untuk orang dewasa, tapi juga bayi dan anak-anak. Entah itu minum jus prune untuk sembelit, oatmeal untuk mandi dan mengurangi gatal kulit kering, serta berbagai pengobatan ala rumahan lainnya.

Berikut ini ada lima pengobatan rumahan untuk bayi yang bisa dilakukan sendiri, dilansir dari Web MD, Rabu (24/11).

Dekongestan dari bawang

Bawang merah merupakan merupakan antihistamin alami dan dekongestan yang bisa mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Anda cukup mengiris bawang di atas piring dan letakkan di sebelah tempat tidur atau boks bayi.

"Kandungan sulfur dalam bawang menarik keluar lendir dan cairan yang memicu pilek pada bayi. Jika hidung bayi Anda tersumbat, irisan bawang ini bisa menguranginya tapa efek samping kecuali kamar menjadi berbau," kata dokter anak, Lauren Feder.

Mandi uap

Mandi uap juga solusi cerdas mengobati hidung tersumbat dan batuk pada bayi. Anda cukup mendekatkan wajah bayi ke dalam baskom yang berisi air panas. Biarkan bayi menghirup udara panasnya. Anda juga bisa menaruh humidifier dalam kamar.

Lemon menurunkan panas

Demam cenderung membuat orang tua takut. Meski demikian, demam bisa menjadi indikasi sistem kekebalan tubuh anak sedang bekerja. Demam yang perlu diwaspadai adalah di atas 38 derajat celcius pada bayi berusia di bawah tiga bulan.

Anda bisa mengobatinya dengan cara mengambil sebaskom air panas untuk mandi dan menaruh irisan lemon di dalamnya. Anda kemudian bisa memandikan bayi dengan air lemon menggunakan spons. Ini bisa menurunkan gejala demam.

Menghindari makanan tertentu penyebab bayi sering kentut

Salah satu penyebab paling umum sakit perut dan sering kentut pada bayi adalah makanan sang ibu. Jenis makanan yang memicu bayi memproduksi banyak gas antara lain susu, gandum, telur, sayuran kubis, dan kacang-kacangan. Minuman juga bisa memicu bayi sering kentut, khususnya yang mengandung kafein, coklat, dan rempah, sehingga Anda perlu mengurangi konsumsinya.

Buah prune untuk sembelit

Jika bayi Anda susah untuk buang air besar (BAB) alias sembelit, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi buah prune (Prunus domestica). Tambahkan buah ini ke dalam menu makanan Anda. Anda bisa menambahkannya saat makan brokoli atau kacang polong.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement