Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Ketua MPR: Masalah Perbedaan Sudah Selesai Sejak Indonesia Merdeka

Senin 21 Nov 2016 17:37 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri

Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasan

Foto: MGROL75

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menilai, Indonesia adalah sebuah negara besar yang komposisinya sangat unik, dibentuk dari keberagaman rakyatnya. Keberagaman di Indonesia sangatlah kaya mulai dari suku, budaya, agama, warna kulit, kepercayaan dan bahasa.

''Indonesia bukanlah kesamaan, Indonesia ada karena keberagaman dan keberagaman itu adalah kekayaan bangsa,'' kata Zulkifli, saat memberikan opening speech dalam acara Seminar Nasional yang diselenggarakan Fakultas Hukum Universitas Tarumanegara Jakarta dengan tema 'Peranan Pemuda Melanjutkan Perjuangan Pahlawan Nasional Dalam Kerangka Empat Pilar Kebangsaan', Universitas Tarumanegara Jakarta, Senin (21/11).

Menurutnya, permasalahan soal perbedaan di Indonesia seharusnya sudah selesai sejak Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Saat ini dalam mengisi alam kemerdekaan, seluruh rakyat Indonesia harus saling hormat mengormati perbedaan yang ada. ''Seluruh rakyat Indonesia apapun latar belakangnya memiliki hak dan kewajiban yang sama,'' ujar dia.

Zulkifli menambahan, di alam demokrasi Indonesia, seharusnya sudah tidak perlu dipermasalahkan lagi siapa akan menjadi apa dimanapun mereka berada. Sebab, di Indonesia setiap warga negara Indonesia berhak menjadi apa yang mereka inginkan. ''Banyak contoh pemimpin beragama Nasrani yang memimpin daerah bermayoritas penduduk Muslim. Begitu pula sebaliknya dan tidak pernah ada masalah,'' ucap Zulkifli.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler