DPR Serukan Bulog Serap Beras Petani

Rabu , 16 Nov 2016, 12:56 WIB
Sjachrani Mataja
Foto: ist
Sjachrani Mataja

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Komisi IV melakukan inspeksi ke gudang Bulog Divre Riau. Hal itu dilakukan untuk melihat stok persediaan dan sekaligus melakukan inspeksi terhadap ukuran berat beras tersebut, apakah sesuai dengan berat yang tercantum dalam kemasannya.

"Semuanya sudah cukup bagus, dan kita melihat stok persediaan yang ada sudah memadai. Termasuk juga dalam hal bila terjadi musim hujan dan lain sebagainya, stok beras ini masih cukup untuk kebutuhan konsumsi masyarakat," ujar anggota Komisi IV DPR, Sjachrani Mataja, di Gudang Bulog Riau, baru-baru ini.

Menurutnya, yang penting adalah apakah Bulog masih melakukan impor beras atau tidak. Karena apabila masih terdapat impor, hal itu berarti belum menyerap seluruhnya hasil panen para petani. Sementara yang diharapkan adalah agar hasil panen petani itu bisa diserap oleh Bulog, sehingga petani akan terus bergairah untuk memproduksi padi dalam rangka mencukupi kebutuhan pangan.

"Mudah-mudahan Bulog sudah sesuai dengan perannya sesuai dukungan dari Komisi IV, yakni bisa mengayomi pangan terutama beras. Saya berharap kepada Direksi Bulog dan jajarannya, agar tidak hanya satu daerah saja yang bagus, namun seluruh daerah di Indonesia juga bisaa terayomi," kata politisi Fraksi Gerindra tersebut.

Sebenarnya Riau tidak memiliki lumbung padi yang besar, lanjutnya, oleh karena itu harus ada langkah-langkah strategis untuk bisa mencukupi kebutuhan di Provinsi Riau.