Jumat 11 Nov 2016 18:00 WIB

Produk Sentra Tas Sidoarjo Tembus Pasar Ekspor

Red:

SIDOARJO -- Produk-produk dari sentra tas dan koper Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur, mampu menembus pasar ekspor setelah sempat terpuruk akibat terdampak bencana lumpur Lapindo beberapa tahun lalu.

Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah (AAGN) Puspayoga mengatakan, semakin banyaknya produk dari sentra Tanggulangin yang menembus pasar ekspor membuktikan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian.

"Produk Tanggulangin sudah banyak yang diekspor, ini tanda bahwa UKM kita memang tulang punggung perekonomian," kata Puspayoga di Sidoarjo, Selasa (8/11).

Kementerian Koperasi dan UKM menyambut baik digelarnya Tanggulangin Fair 2016 yang diharapkan menjadi ajang promosi produk-produk dari sentra tas dan koper di daerah itu, termasuk produk UKM pendukung lainnya, seperti kerajinan tangan dan mode (batik lukis).

Puspayoga menyadari kebangkitan sentra tas dan koper Tanggulangin harus mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah. "Pemerintah, negara, harus hadir di sini, misalnya dalam hal untuk pelatihan manajemen SDM, manajemen ekspor, perluasan akses pembiayaan, akses pemasaran," katanya.

Puspayoga mengapresiasi langkah Pemkab Sidoarjo yang sudah melakukan berbagai pendampingan dan fasilitasi untuk membangkitkan sentra Tanggulangin yang pernah terpuruk beberapa tahun lalu. Ia menilai, produk-produk tas dan koper, terutama yang terbuat dari kulit hasil produksi UKM di Tanggulangin, kualitas dan mutunya sudah diakui rumah mode dunia.

Beberapa di antaranya telah dipesan khusus rumah mode di Italia, Jepang, hingga Australia. Puspayoga juga berharap Tanggulangin bisa menjadi destinasi wisata belanja yang mendatangkan lebih banyak wisatawan ke daerah itu.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan, produk UKM di Tanggulangin sudah dipasarkan hingga Eropa, khususnya Italia sebagai pusat mode dunia. "Tanggulangin Fair kami harap bisa menjadi sarana untuk memasarkan, mempromosikan, dan sebagai upaya mengembalikan kejayaan produk UKM Tanggulangin, dalam acara ini juga ditawarkan diskon sampai 50 persen," katanya.       antara, ed: Citra Listya Rini

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement