Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Sebagian Desa Tolak Pasang Stiker Penerima Raskin

Kamis 10 Nov 2016 18:56 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Teguh Firmansyah

Stok Raskin (ilustrasi)

Stok Raskin (ilustrasi)

Foto: ANTARA FOTO

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Pemasangan atau penempelan stiker penerima raskin di rumah-rumah keluarga miskin di wilayah Kabupaten Banyumas, masih belum bisa berjalan optimal.

Sejumlah pemerintah desa yang sudah menerima stiker tersebut, belum menempelkan stiker di pintu-pintu depan rumah tangga sasaran (RTS) raskin, karena khawatir terjadi kecemburuan di kalangan warga.

''Kami mendapat laporan masih banyak pihak desa yang belum memasang stiker di rumah-rumah RTS penerima raskin. Kalangan perangkat khawatir pemasangan stiker ini menimbilkan persoalan sosial di desanya, karena raskin yang sebelumnya diterima tidak hanya diberikan pada RTS. Tetapi dibagi merata hampir ke semua warga desa,'' jelas Kepala Bagian Perekonomian Setda Banyumas, Sugiyanto, Kamis  (10/11).

Kondisi tersebut, menurutnya, tidak terjadi di semua desa. Ada juga desa-desa yang sudah menempelkan stiker tersebut, karena di desa tersebut sebelumnya tidak dilakukan pemerataan penerima raskin. Mereka yang menerima raskin, memang benar-benar keluarga yang masuk dalam daftar RTS.

''Kalau di desa-desa yang sebelumnya tidak dilakukan pemerataan penerima raskin, kondisinya lebih lancar. Tidak ada penolakan pemasangan stiker penerima raskin,'' katanya.

Lepas dari semua itu, Sugiyanto menyatakan, kejadian-kejadian yang berlangsung di beberapa desa tersebut akan dijadikan bahan masukan untuk evaluasi. Pihaknya juga segera mengkoordinasikan dengan satuan tugas (satgas) raskin yang ada di kecamatan, sehingga mereka bisa mengawal proses pemasangan stiker di rumah-rumah RTS.

Baca juga,  Tangerang Tunggak Bayar Raskin Bulog.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA