Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Oso Rilis Budaya Membaca di Kalbar

Rabu 09 Nov 2016 13:10 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Dwi Murdaningsih

Hobi membaca buku

Hobi membaca buku

Foto: pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, NGABANG -- Wakil Ketua MPR RI, Oesman Sapta melakukan kunjungan ke Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Rabu (8/11). Diawali mengunjungi SMA N 1 Ngabang, Jalan Veteran, Ngabang, Kabupaten Landak, rombongan Oesman bersama Bupati Landak, Jakius Sinyor disambut tarian kedatangan dari Sanggar Pahar sekolah.

Pria yang akrab disapa Oso ini sekaligus melakukan launching "Budaya Membaca dan Rekaman Sobat Landak Bawa Perubahan". Dalam seremoni, Oesman turut menyerahkan dua surat kabar nasional maupun daerah kepada dua perwakilan siswa.

Menurut Oso, membaca tentunya merupakan kewajiban bangsa. Termasuk, membaca surat kabar juga, menurutnya, dapat memberikan pengetahuan pada siswa.

"Hari membaca cocok dengan filosofi bangsa kita. Harus pintar, kalau orang pintar, dia turut menjaga lingkungannya, memberi manfaat untuk masyarakat, sekolahnya. Bukan membuat keributan, orang pintat mencari jalan keluar yang bijaksana," kata Oesman.

Dalam peluncuran ini, Oso juga mengimbau pelajar tidak melupakan jasa-jasa guru. Pria yang akrab disapa Oso ini juga menyayangkan masih ada perilaku murid kurang menghormati guru, maupun sebaliknya. Selain itu, ia mengajak para siswa memerangi narkoba, di mana Indonesia menurutnya, menjadi pasar narkoba terbesar di dunia saat ini.

"Murid melanglang buana, menjadi orang berhasil, itu semua tidak lepas dari jasa-jasa dan pembinaan para guru. Ingat, guru merupakan orang tua kita di luar sekolah,jangan pernah lupakan," ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler