Selasa 01 Nov 2016 19:26 WIB

Berkumur dengan Benar Cegah Radang Tenggorok

Rep: Sri Handayani/ Red: Andi Nur Aminah
Pilihlah obat kumur yang tepat/ilustrasi
Foto: alexbitterman.com
Pilihlah obat kumur yang tepat/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Obat kumur (gargle) lazim digunakan dalam pencegahan maupun pengobatan radang tenggorok. Namun, menurut edukator dan trainer Mundipharma, Merry Sulastri, tidak semua obat kumur yang beredar di pasaran berfungsi untuk itu.

“Ada yang berfungsi untuk menghilangkan bau tak sedap, untuk membersihkan plak. Kalau untuk perokok biasanya berfungsi untuk mengikat tembaga,” kata dia di Jakarta, Selasa (1/11).

Lebih lanjut, ia menjelaskan, obat kumur yang dapat mencegah dan mengobati radang tenggorok adalah jenis obat kumur antiseptik. Obat ini memiliki formula khusus untuk membunuh jamur maupun kuman yang menyebabkan penyakit radang tenggorok.

Jurnal Dermatology 2002 menyebutkan, kandungan povidone-iodine pada obat kumur antiseptik dapat mengurangi jumlah bakteri dan virus pada rongga mulut hingga 99,4 persen dalam waktu singkat. Ini lebih efektif dibandingkan antiseptik lain seperti Chlorexidine Gluconae dengaa efektivitas hanya 59,7 persen dan Cetylpyridinum Cloride 97 persen. Povidone iodine memiliki spektrum yang luas, sehingga dapat membunuh bermacam bakteri, virus, jamur, protozoa, strain yang kebal terhadap antibiotik, mikrobakterium, infeksi nosokomial, yeast, dan bakteri gram positif maupun negatif.

Obat kumur bisa dipakai untuk mencegah terjadinya radang tenggorok pada orang yang berada di lingkungan penyebar virus atau bakteri. Misalnya, ketika keluarga, teman kantor, atau teman sekolah mengalami flu. Ini juga bisa dipakai ketika seseorang merasa tidak nyaman, gatal, kering, atau bengkak di tenggorok.

Penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol tidak direkomendasikan. Alkohol dapat menyebabkan rongga mulut dan tenggorok menjadi kering. Akibatnya, kelenjar ludah akan bekerja lebih keras untuk membasahi bagian ini. Kondisi ini justru memicu terjadinya bau mulut tidak sedap. Alkohol juga berbahaya bila tertelan oleh anak-anak.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement