Saturday, 13 Rajab 1444 / 04 February 2023

Ini Nutrisi Tepat Perkuat Sistem Imun Tubuh

Selasa 01 Nov 2016 00:23 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Winda Destiana Putri

vitamin D memainkan peran penting dalam mendukung kekebalan tubuh, baik bawaan maupun adaptif.

vitamin D memainkan peran penting dalam mendukung kekebalan tubuh, baik bawaan maupun adaptif.

Foto: Boldsky

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sistem imun merupakan hal terpenting yang harus dijaga pada tubuh setiap manusia demi kesehatan. Sebab, begitu banyak virus, bakteri dan udara tak sehat yang menyerang tubuh. Untuk menghadapinya, gaya hidup sehatlah yang harus diterapkan sebaik mungkin.

Selain olahraga fisik, berhenti merokok dan mengatur tekanan darah  sangat baik dalam memberikan sistem ketahanan yang kuat. Makanan sehat juga dapat  membantu untuk menjaga mekanisme pertahanan tubuh.

Vitamin E dikenal tugasnya untuk memastikan sel-sel dari fungsi sistem imun bekerja dengan baik. Sebagai antioksidan alami, vitamin E melindungi membran lipid dari oksidasi radikal bebas. Karena sifatnya ini, vitamin E dapat melindungi  seseorang dari kanker dan  masalah jantung. Asupan ini dapat diperoleh dari minyak nabati, brokoli, almond dan selai kacang.

Mengonsumsi vitamin C juga mampu meningkatkan aktivitas sel pembunuh anti-mikroba. Kemudian membantu menghilangkan patogen invasif yang  mengancam bagian penting dalam tubuh seseorang. Manfaat nutrisi ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi melon, brokoli, kiwi, jus jeruk dan cabai merah.

Sebagai informasi, kekuatan sistem imun selalu beradaptasi dengan bakteri dan virus yang menyerangnya. Tubuh pun nantinya akan membentuk anti bodi yang kebal dari penyakit tersebut.  Pada aspek ini, vitamin D memainkan peran penting dalam mendukung kekebalan tubuh, baik bawaan maupun adaptif. Sumber vitamin D bisa diperkaya dengan jus, susu, salmon dan yoghurt.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA