Jumat 28 Oct 2016 11:54 WIB

Sejuta Manfaat Air Kelapa Bagi Wanita Hamil

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Andi Nur Aminah
Air kelapa
Foto: flickr
Air kelapa

REPUBLIKA.CO.ID, Kelapa sudah dikenal masyarakat luas memiliki sejuta manfaat. Manfaat itu tidak hanya berkaitan dengan kesehatan dan konsumsi perut semata, tapi keperluan sehari-hari masyarakat juga. Seperti daun pohon kelapa yang bisa dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan ketupat. Atau, batang pohon yang dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat jembatan di wilayah terpencil tertentu.

Begitu banyak manfaat yang dimiliki kelapa, bahkan airnya pun memiliki sejuta nilai lebih untuk manusia. Seperti dikutip laman Boldsky, Jumat (28/10), air kelapa sangat baik untuk kesehatan manusia terutama bagi wanita hamil.  Minuman ini dapat memcegah wanita hamil dari dehidrasi dan melawan efektif masalah morning sickness yang seringkali dialami mereka.

Air kelapa mampu menambah energi wanita yang sering merasa lelah dan letih selama masa kehamilan. Efek hidrasi air kelapa juga bisa meningkatkan elastisitas kulit. Oleh karena itu, air ini bisa menahan timbulnya stretch mark  yang disebabkan oleh kehamilan.

 

Yang tak kalah penting dari manfaat air kelapa, yakni meningkatkan tingkat cairan ketuban. Hal inilah yang pada gilirannya akan meningkatkan kesehatan janin. Untuk itu, seorang wanita hamil sangat dianjurkan meminum air kelapa setiap harinya.

Di samping itu, mengonsumsi air kepala juga baik untuk sakit mag dan sembelit yang terkadang dirasakan para wanita hamil. Meski baik bagi kesehatan, wanita hamil boleh meminum air tersebut hanya sekali dalam sehari. Waktu terbaik menikmatinya adalah pagi hari mengingat elektrolit dan nutrisi mudah diserap saat perut masih kosong.

Karena air kelapa kaya akan nutrisi, maka wajar jika air ini bisa menguatkan imunitas wanita hamil. Asam laurat yang diproduksi air kelapa mampu menciptakan anti-virus yang bisa menetralisasi berbagai macam infeksi yang menyerang.

Selain itu, kandungan kalium, magnesium dan nutrisi lainnya pada air kelapa ternyata bisa mengatur tekanan darah dan gula darah. Kandungan ini juga mampu meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat. Dengan demikian dapat menjaga kesehatan jantung dalam kondisi tetap sempurna.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement