Sunday, 23 Rajab 1442 / 07 March 2021

Sunday, 23 Rajab 1442 / 07 March 2021

Masjid Penzberg Terbaik di Jerman

Kamis 27 Oct 2016 15:30 WIB

Red: Agung Sasongko

Masjid Penzberg

Masjid Penzberg

Foto: www.islam-penzberg.de

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada waktu perencanaan dan proses pembangunannya, Masjid Penzberg sempat menuai keresahan dari masyarakat sekitar. Mereka khawatir dengan kehadiran sebuah bangunan asing yang akan mereka lihat setiap hari.

(Baca: Muslim Penzberg Shalat di Bekas Kandang Sapi)

Maklum saja, kebanyakan orang Jerman berpikir kalau sebuah masjid pastilah berdiri dengan kubah dan menara khas Turki yang asing bagi mereka. Masjid masih dianggap sebagai sebuah tempat beribadah orang-orang yang tidak ingin berbaur dengan masyarakat lain. Pemikiran ini akhirnya terpatahkan sejalan dengan hadirnya sebuah masjid dengan gaya yang lebih bersahabat dan membaur serta aktivitas-aktivitas masjid yang selalu berusaha merangkul warga sekitarnya.

(Baca Juga: Makna Desain Transparansi Masjid Penzberg)

Kekhawatiran masyarakat Penzberg pun akhirnya berubah menjadi sebuah kebanggaan ketika masjid ini memenangi Wessobrunner Architekturpreis, sebuah penghargaan yang diberikan setiap lima tahun sekali untuk karya arsitektur terbaik di seluruh Negara Bagian (provinsi) Bayern. Setelah melewati beberapa tahap seleksi, Masjid Penzberg berhasil mengalahkan puluhan bangunan yang menjadi pesaingnya.

Wali Kota Penzberg, Hans Mummert, menyatakan, penghargaan tersebut merupakan sebuah kehormatan bagi Kota Penzberg. Benjamin Idriz, imam Masjid Penzberg, menambahkan, inilah pertama kalinya sebuah masjid di Jerman memenangi penghargaan arsitektur.

Masjid Penzberg diakui karena arsitekturnya yang luar biasa, sama halnya dengan aktivitas sosial, budaya, dan pendidikan yang diselenggarakan di dalamnya. Alen Jasarevic pun berharap Masjid Penzberg bisa menjadi inspirasi bagi Muslim lainnya di Jerman.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA