Friday, 27 Zulhijjah 1442 / 06 August 2021

Friday, 27 Zulhijjah 1442 / 06 August 2021

Yang Harus Dilakukan Sebelum Memutihkan Gigi

Kamis 27 Oct 2016 10:39 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Gigi sehat itu permukaannya rata, licin tidak ada bau mulut. Ciri lainnya permukaan gigi tidak ada yang berlubang.

Gigi sehat itu permukaannya rata, licin tidak ada bau mulut. Ciri lainnya permukaan gigi tidak ada yang berlubang.

Foto: EPA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjaga keputihan gigi memang sulit. Ada saja kendalanya, apalagi bagi Anda pecinta kopi dan teh, atau justru perokok berat. Tapi jangan khawatir, noda dari teh, kopi dan rokok pada gigi
yang membuat gigi makin lama makin kuning bisa ditingkatkan keputihannya.

Dokter gigi Melissa Adiatman menjelaskan menjelaskan gigi sehat itu permukaannya rata, licin tidak ada bau mulut. Ciri lainnya permukaan gigi tidak ada yang berlubang. Sehat saja warna gigi sudah bagus, tapi  karena makanan, bisa membuat gigi berubah warna menjadi agak kuning. Proses pemutihan gigi bisa membantu gigi Anda jadi putih bersih kembali. Namun proses ini tidak meluruhkan noda dari teh atau kopi.

“Karena itu bersihkan dulu noda kopi, teh sebelum bleaching, bersihkan dulu nodanya, bahan kimia ditaruh di atas gigi yang sudah bersih, jadi dia nempel di atas permukaan gigi, jadi warnanya rata, kalau kita langsung aplikasikan tanpa dibersihkan lebih dulu, maka warna gigi akan belang, yang tidak ada noda bersih banget, yang ada noda agak kuning. Karena itu, noda teh kopi hilangkan terlebih dahulu,” ujarnya.

Lalu bagaimana cara mengilangkannya? Kalau nodanya lembut pakai sikat gigi bisa, kalau sudah berat gunakan skeler pembersih karang gigi, seperti bersihkan karang gigi. Begitu juga jika ada karang gigi,
sebaiknya bersihkan dahulu. Bila ada lubang pada gigi, tambal dahulu.

Dan cek tambalan, ambil sedikit tambalan lalu lapisi tambalan dengan tambalan yang sudah diputihkan juga. “Jadi kondisi mulut sudah siap baru bleaching,” tambahnya. Dokter gigi juga biasanya akan memberi saran kadar warna putih gigi seperti apa yang sesuai dengan warna kulit.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA