Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Egg Puding, Puding Unik dengan Wadah Cangkang Telur

Rabu 26 Oct 2016 08:27 WIB

Rep: MGROL77/ Red: Andi Nur Aminah

Egg puding, memanfaatkan cangkang telur sebagai wadah

Egg puding, memanfaatkan cangkang telur sebagai wadah

Foto: MGROL77

REPUBLIKA.CO.ID, Jangan buang kulit telur Anda. Kalimat ini pasti akan diamini oleh Stefy, sang pembuat egg puding. Ya, bagi Stefy, kulit atau cangkang telur akan disulap menjadi sebuah kuliner unik.
    
Puding warna-warni buatan Stefy begitu imut dan unik. Saat terpajang di etalase pada bazar UKM Kreatif Wali Kota Jakarta Selatan, egg puding ini cukup menyita perhatian. Dengan menggunakan konsep cangkang telur sebagai wadahnya, puding ini menjadi perhatian pembeli.

Puding buatan Stefy memiliki beraneka macam rasa. Ada rasa coklat, stroberi, mangga, dan vanilla. Selain menarik karena wadahnya dari cangkang telur, egg puding ini juga memiliki tekstur yang lembut ketika dimakanan.
    
Lantas bagaiman ide membuat puding dengan memanfaatkan cangkang telur sebagai wadah puding ini muncul? Stefy menceritakan, dia memiliki usaha kue yakni bolu gulung. Untuk membuat kue tersebut, dia bisa menghabiskan berkilogram telur. “Karena sebelumnya kita buat bolu gulung dan cangkang telurnya kan banyak. Lalu kita berpikir kenapa tidak  kita manfaatin saja cangkang telurnya. Dan akhirnya kita berinisiatif buat egg puding ini. Dan pastinya ini menjadi menjadi makanan yang unik," jelasnya saat ditemui, Selasa (25/10).

Sejak membuat egg puding, Stefi mengaku banyak yang akhirnya mencoba membeli, terutama anak-anak dan ibu-ibu. “Kebanyakan mereka yang beli, karena melihat kita pakai cangkang telur asli, itu yang bikin unik," katanya.

Sebelum menggunakan cangkang telur sebagai wadahnya, Stefi terlebih dahulu mencuci cangkang dengan bersih. Barulah setelah itu diisi dengan bahan puding. Puding yang dibuatnya berasal dari campuran bahan fla, susu cair, coklat blok dan pewarna makanan.
    
Egg puding Stefi juga dijual cukup murah. Untuk satu cangkang telur dijual dengan harga Rp 5.000. Anda pun bisa membelinya per pack dengan harga Rp 25 ribu rupiah dengan isi lima buah puding dalam satu box plastic yang mudah dibawa kemana-mana.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA