Saturday, 5 Rabiul Awwal 1444 / 01 October 2022

BEM SI Gelar Unjuk Rasa Peringati Dua Tahun Pemerintahan Jokowi

Kamis 20 Oct 2016 14:09 WIB

Rep: C39/ Red: Bayu Hermawan

Massa BEM Universitas se-Indonesia melakukan demo dalam rangka dua tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla di depan Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (20/10).

Massa BEM Universitas se-Indonesia melakukan demo dalam rangka dua tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla di depan Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (20/10).

Foto: Antara/Yudhi Mahatma

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan buruh seluruh Indonesia melakukan aksi unjuk rasa memperingati dua tahun pemerintahan Jokowi-JK. Ratusan massa aksi tersebut berkumpul di kawasan Monas, tepatnya di depan kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (20/10).

Pantauan di lokasi, ratusan polisi tampak bersiap mengamankan massa aksi. Di lokasi juga tampak water cannon, baracuda dan kendaraan berat lainnya. Polisi melarang massa aksi untuk melakukan aksi di depan Istana Negara untuk menghindari kemacetan.

Perwakilan mahasiswa yang berasal dari 44 universitas se-Indonesia tersebut menuntut Jokowi-JK untuk merealisasikan program yang memihak kepada kerakyatan. Ada empat isu yang dibawa oleh mahasiswa dalam aksi unjuk rasa tersebut.

Di antaranya, mereka menilai pembangunan Jokowi tidak berpihak kepada rakyat, program tax amnesty yang juga dinilai tak memihak rakyat, kemudian penyelesaian kebakaran hutan yang tak selesai-selesai, serta hukuman kebiri yang disebut bukan penyelesaian akar permasalahan. Mahasiswa juga membawa isu reklamasi

Para demonstran tampak membawa berbagai macam spanduk dan bendera dari berbagai organisasi kemahasiswaan. Mereka turun ke jalan sejak pukul 10.00 WIB dan hingga pukul 13.40 WIB masa aksi demo masih tetap berlangsung dan berlangsung damai.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA