Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

KPU Sebut Ada 6 Daerah Rawan Calon Tunggal di Pilkada 2017

Rabu 19 Oct 2016 20:43 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Ilham

Pilkada (ilustrasi)

Pilkada (ilustrasi)

Foto: berita8.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Biro Hukum KPU, Nur Sarifah mengatakan, ada enam daerah rawan calon tunggal pada Pilkada 2017. Pihaknya saat ini terus memantau proses pencalonan peserta Pilkada di enam daerah tersebut.

"Di enam daerah itu, kini baru ada satu pasangan calon yang mendaftar menjadi peserta Pilkada," ujar Sri kepada Republika.co.id, di Jakarta, Rabu (19/10).

Dia melanjutkan, beberapa daerah yang berpotensi calon tunggal adalah Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kabupaten Pati, dan Buton. Pada 24 Oktober nanti, seluruh daerah peserta Pilkada akan mengumumkan calon secara serentak.

Sri mengingatkan, jika daerah dengan calon tunggal berpotensi tidak memiliki kandidat dalam Pilkada. "Sebab, ada kemungkinan satu paslon yang resmi terdaftar tidak lolos menjadi peserta Pilkada. Jika sudah seperti itu, status Pilkada di satu daerah jadi 0 peserta. Karena itu, perkembangan di enam daerah kami pantau terus," kata dia.

Dia menambahkan, jika terjadi 0 peserta, maka KPU setempat akan kembali membuka pendaftaran calon peserta Pilkada. "Karena itu, kami berharap satu yang kini sudah terdaftar benar-benar lolos menjadi peserta Pilkada," tegas Sri.

Pilkada 2017 diikuti oleh 101 daerah di Indonesia. Pemilihan dijadwalkan pada 15 Februari 2017.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA