Friday, 19 Syawwal 1443 / 20 May 2022

Setor Hafalan Ayat Pendek Sebelum Memulai KBM

Selasa 18 Oct 2016 11:41 WIB

Red: Agus Yulianto

 Seorang siswa SD membaca hafalan Alquran surat pendek. (Ilustrasi)  (Republika/Agung Supriyanto)

Seorang siswa SD membaca hafalan Alquran surat pendek. (Ilustrasi) (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, PRABUMULIH -- Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Prabumulih aktif berbaris lurus dihadapan guru kelasnya. Mereka buka dihukum. Namun, pagi itu, sebelum mengikuti kegiatan belajar (KBM), mereka harus telebih dulu menyetorkan hafalan ayat pendek Alquran.

"Setor hafalan sudah menjadi kewajiban sebelum mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas empat A. Buku pegangan sebagai diary pencatat jadwal serta nama surat yang dihafal, selalu dibawa saat antri di muka kelas," kata Eka Yuliani, S.Pd.SD, guru kelas di MIN Prabumulih, kemarin.

Dikatakan Eka, para siswa melakukan hal ini (setoran hafalan ayat pendek) agar siswa madrasah memiliki skill tambahan dengan pegangan hafalan surat pendek. "Minimal mereka hafal surat pendek untuk bacaan shalat karena itu tujuan utamanya" ujarnya.

Zam-zam salah satu siswa mengaku, senang dengan rutinitas ini karena merasa punya ilmu lebih untuk diajarkan kepada adik-adiknya. "Nama surat yang sudah dihafal nanti ditulis di diary ini, //lah// besoknya hafalan surat lain lagi sambil baris terus sekarang sudah hafal lebih dari 10 surat" ujarnya .

Kegiatan positif ini mendapat dukungan penuh dari Kamad MIN Prabumulih Elva Lidya SPd dan berharap untuk terus ditingkatkan.

sumber : kemenag.go.id
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA