Senin 17 Oct 2016 19:26 WIB

USB YPKP Berupaya Tingkatkan Daya Saing Lulusannya

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Irfan Fitrat
Suasana wisuda ke-10 Universitas Sangga Buana Yayasan Pendidikan Keuangan dan Perbankan (USB YPKP) di Gedung Serbaguna USB Bandung, Sabtu (15/10).
Foto: Gunadi
Suasana wisuda ke-10 Universitas Sangga Buana Yayasan Pendidikan Keuangan dan Perbankan (USB YPKP) di Gedung Serbaguna USB Bandung, Sabtu (15/10).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Universitas Sangga Buana (USB) Yayasan Pendidikan Keuangan dan Perbankan (YPKP) Bandung menggelar wisuda ke-10, Sabtu (15/10). Kali ini diwisuda sebanyak 452 orang dari berbagai fakultas. 

Selain dari Fakultas Ekonomi, mahasiswa yang menjalani wisuda juga dari Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Administrasi, serta Program Pascasarjana. Acara wisuda dipimpin langsung Rektor USB YPKP Asep Effendi. Dalam pidato sambutannya, Rektor mengatakan, USB YPKP terus berusaha  meningkatkan kualitas belajar mengajar sesuai dengan kebijakan mutu institusi dan pemerintah. Sehingga, diharapkan bisa menghasilkan lulusan yang profesional dan kompeten, baik di bidang keuangan, perbankan, komunikasi, teknologi, maupun teknik.

Untuk meningkatkan kualitas ini, menurut Rektor, antara lain dilakukan melalui proses akreditasi dan reakreditasi program studi (prodi). “Alhamdulillah, sampai saat ini semua prodi yang ada telah terakreditasi dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pengelolaan pendidikan, sarana dan prasarana, serta alumni Universitas Sangga Buana YPKP telah mendapat penghargaan yang positif dari pemerintah dan masyarakat,” kata Rektor di Gedung Serbaguna USB YPKP Bandung.

USB YPKP pun menjalin berbagai kerja sama. Menurut Rektor, selain dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), dijalin juga kerja sama dengan Asosiasi Auditor Internal (AAI), Universitas Kuala Lumpur Malaysia, Universitas Utara Malaysia, Universitas HELP Malaysia, serta Universitas Hanban Tiongkok. Kerja sama ini meliputi pendidikan, pelatihan, studi lanjut, sertifikasi internasional, bahasa dan kebudayaan, serta seminar internasional. Dengan berbagai langkah ini, Rektor berharap, ke depan USB YPKP dapat terus meningkatkan daya saing lulusannya. Alumnus USB pun diharapkan bisa memenuhi kebutuhan tenaga kerja di masa kini dan mendatang.

Dalam wisuda USB YPKP kali ini, lulusan terbaik diraih Siti Sa'adah dari Prodi S1 Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Komunikasi dan Administrasi Bisnis. Siti meraih indeks prestasi kumulatif (IPK) terbaik, 3,96. Adapun lulusan terbaik masing-masing prodi lainnya ialah Deni Dijayana dengan IPK 3,74 (S1 Manajemen), Viny Padianillma 3,90 (S1 Akuntansi), Shafira Putri Ismaya 3,79 (D3 Keuangan dan Perbankan), serta  Tita Solihat 3,79 (D3 Akuntansi). 

Di Fakultas Teknik diraih Ciwaluyo dengan IPK 3,36 (S1 Teknik Sipil), Annisya Velina Nurhidayah 3,36 (S1 Teknik Industri), Adinda Eggie Yulistian 3,28 (S1 Teknik Mesin), Nur Taupik Sidik 3,36 (S1 Teknik Elektro), Mira Oktaviani 3,68 (Teknik Informatika), Jajang Sofyan 3,77 (D3 Teknik Informatika), serta Regi Witanto Sutarman dengan IPK 3,50 (S1 Sistem Informasi). Di Fakultas Ilmu Komunikasi dan Adminitrasi lulusan terbaik diraih Alma Fauzal Jannah dengan IPK 3,81 (S1 Ilmu Komunikasi). Sementara di Program Pascasarjana lulusan terbaiknya ialah Giestha Gustiawinata dengan IPK 3,95 (S2 Magister Manajemen) dan Rulli Subhanudin 3,49 (S2 Magister Teknik Sipil).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement