Kamis 13 Oct 2016 08:05 WIB

8 Manfaat Minum Air Putih Saat Perut Kosong

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Segelas air putih
Foto: flickr
Segelas air putih

REPUBLIKA.CO.ID, Rutin meminum air putih ketika perut kosong saat bangun tidur memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan. Terbukti, rutinitas ini berdampak positif seperti yang dialami masyarakat Jepang.

Tak seperti Amerika Serikat dan negara-negara barat lainnya, masyarakat Jepang tidak ada yang menderita permasalahan obesitas dan diabetes. Ini salah satunya disebabkan karena masyarkat Jepang memiliki rutinitas minum air putih saat pagi hari ketika perut kosong.

Dengan rutin meminum 640 ml air putih 30 menit sebelum sarapan di pagi hari, Anda akan dapat menurunkani diabetes dan tekanan darah tinggi dalam waktu 30 hari, menghilagkan sembelit dan gastritis, tuberkolosis dalam waktu 90 hari.

Selain itu, dilansir Lifehack, berikut delapan manfaat lainnya dari rutin meminum air putih saat perut kosong di pagi hari.

Membantu menghilangkan racun dalam tubuh

Air secara alami menghilangkan racun-racun yang berbahaya sehingga membuat tubuh Anda menjadi lebih segar dan sehat. Banyak meminum air putih dapat membantu meningkatkan produksi sel-sel otot dan sel-sel darah baru.

Meningkatkan metabolisme

Minum air saat perut kosong dapat meningkatkan tingkat metabolisme hingga 24 persen. Bagi orang yang sedang program diet ketat, kebiasaan minum air putih ini sangat dianjurkan sekali.Jika metabolisme meningkat, secara otomatis sistem pencernaan juga akan meningkat. Minum air sesaat setelah bangun dapat membersihkan usus besar, sehingga memungkinkan menyerap nutrisi lebih banyak.

Mencegah kenaikan berat badan

Ketika minum air putih di pagi hari pada waktu perut kosong, Anda akan melepaskan semua racun dan itu akan meningkatkan sistem pencernaan Anda. Anda akan merasa jarang lapar dan keinginan makan akan berkurang. Ini akan mencegah kenaikan berat badan yang disebabkan oleh makan berlebihan.

Meredakan mulas dan gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan disebabkan oleh peningkatan keasaman di perut. Anda akan merasa mulas ketika asam dialirkan balik ke kerongkongan Anda. Ketika Anda minum air saat perut kosong, asam ini didorong ke bawah untuk diencerkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement