Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

BPBD Bogor Ingatkan Warga di Wilayah Rawan Longsor dan Banjir

Selasa 11 Oct 2016 20:10 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Israr Itah

Jalan Raya Cilebut, Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang longsor beberapa waktu lalu.

Jalan Raya Cilebut, Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang longsor beberapa waktu lalu.

Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Curah hujan disertai angin kencang dan petir menjadi fenomena yang diwaspadai Kabupaten Bogor saat ini. Selain itu, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Budi Aksomo juga mengingatkan warga yang bermukim di daerah lawan longsor maupun banjir.

"Dalam situasi, cuaca musim hujan seperti sekarang, kami mengimbau seluruh masyarakat seperti yang tinggal di bantaran sungai, lereng-lereng pegunungan tetap waspada, mengantisipasi bahaya-bahaya yang mengintai di sekililingnya, mengenali lingkungan, potensi bencana di ligkungan," kata Budi, Selasa (11/10).

BPBD Kabupaten Bogor melakukan tiga kesiapsiagaan, mulai dari personel, logistik dan mobilisasi. Pihaknya terus siaga mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan maupun jika harus menghadapi bencana skala besar. Menurutnya kesiapsiagaan tentunya bukan hanya tanggung jawab instansi, tetapi juga seluruh elemen.

"Kita harus mengantisipasi, respons lebih cepat. Sekarang juga ada 30 personel di Kecamatan Cibinong, 15 di Ciawi dan 15 di Leuwiliang termasuk Damkar dalam sehari. Walaupun jumlah personel masih kurang, kita upayakan maksimal," ujar dia.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA