Senin 10 Oct 2016 09:55 WIB

Tubuh Ternyata Produksi Ingus Empat Cangkir per Hari

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Flu dan mengeluarkan ingus.
Foto: flickr
Flu dan mengeluarkan ingus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semua orang memproduksi ingus atau lendir di hidung. Kebanyakan dari mereka yang mendengar kata ingus akan merasa jijik, apalagi mengetahui jika sesungguhnya tubuh bisa menghasilkan ingus hingga empat cangkir per hari.

Dilansir dari Unrealfacts, Senin (10/10), empat cangkir ingus bisa dikeluarkan seseorang saat memasuki musim dingin, musim demam, atau tubuh dalam kondisi benar-benar lelah. Meski demikian, produksi ingus masing-masng individu bervariasi.

Rata-rata seseorang menghasilkan 1-1,5 liter ingus atau setara empat hingga lima cangkir kopi per hari. Rongga hidung terangsang oleh udara dingin atau iritasi yang membuat jumlah ingus yang diproduksi meroket.

Ketika sedang flu, Anda mungkin menghabiskan banyak tisu untuk mengeluarkan ingus Anda. Akhirnya tumpukan tisu kotor berada di dekat Anda. Ingus juga dikeluarkan saat Anda bersin. Mayoritas ingus bahkan jatuh kembali ke tenggorokan Anda. Itu benar, Anda pasti pernah menelan ingus.

Mengapa tubuh memproduksi banyak ingus? Ingus ternyata penting dalam perannya sebagai filter bagi tubuh. Ingus menjadi cairan hangat yang membantu memanaskan udara yang Anda hirup di hidung. Tanpa itu, tubuh semakin rentan terhadap infeksi penyakit, khususnya yang ditularkan lewat udara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement