Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Berjalan tanpa Alas Kaki Bisa Tingkatkan Keseimbangan Otak

Senin 10 Oct 2016 08:36 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Andi Nur Aminah

Berjalan tanpa alas kaki

Berjalan tanpa alas kaki

Foto: Scoop

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berjalan tanpa alas kaki merupakan kegiatan yang selalu kita hindari. Salah satu alasan kuatnya, yakni bisa menyebabkan luka dan infeksi pada kaki.

Tapi tahukan Anda bahwa cara seperti itu sebetulnya baik untuk kesehatan? Anda bisa bayangkan bagaimana nenek moyang kita berjalan ratusan kilometer dengan tanpa alas apapun. Mereka melakukannya di setiap langkahnya tapi tetap berada dalam kondisi sehat saat itu.

Dikutip laman Boldsky, Senin (10/10), ada banyak manfaat kesehatan yang tersembunyi dari berjalan tanpa alas kaki. Salah satunya, mampu meningkatkan keseimbangan otak kita. Semakin Anda merasa melekat pada tanah (alam), maka semakin otak Anda akan menemukan keseimbangannya. Ini mengarah ke fungsi yang lebih baik dari sistem saraf Anda.

Selain itu, berjalan tanpa alas kaki juga ternyata baik untuk menambah kekuatan pada otot kaki. Bahkan, kegiatan ini bisa mengurangi penyakit arthritis, bunions dan hammertoes. Membantu pula dalam menghilangkan rasa sakit pada sendi dan varises serta memperlancar sirkulasi darah.

Berjalan tanpa alas kaki mampu menenangkan ujung saraf di bawah kaki kita. Karena itu, dianggap dapat mengurangi risiko inflamasi pada tubuh Anda. Di sisi lain, cara ini juga bisa memperbaiki postur tubuh menjadi lebih baik.

Jika ingin tidur lebih nyenyak, cobalah untuk berjalan tanpa alas kaki sebelumnya. Ion negatif akan keluar pada tubuh sehingga nantinya bisa meningkatkan kualitas tidur Anda. Hal yang tak kalah penting, cara ini juga baik untuk mengencangkan otot perut Anda.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA