Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Layang-Layang Daun Terbesar Ini Masuk Rekor Dunia

Ahad 09 Oct 2016 17:27 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Andi Nur Aminah

Layang-layang daun (ilustrasi)

Layang-layang daun (ilustrasi)

Foto: Kaskus

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Layang-layang milik La Masila bersaudara asal Muna, Sulawesi Tenggara, Indonesia tercatat menjadi rekor layang-layang daun terbesar dunia. Secara resmi layang-layang tersebut tercatat di Guinness World Records yang disaksikan perwakilan dari pengesah, Swapnil Dangarikal.

Layang-layang yang juga menjadi bagian dari Festival TAFISA Games 2016 Jakarta itu ternyata dibuat tidak muvah. “Kami harus merajut daun selama 14 hari yang selesai pada Selasa 4 Oktober 2016,” kata Masila, Ahad (9/10).

Dia menyatakan, pembuatan layang-layang tersebut membutuhkan daun yang tidak sembarangan. Masila menuturkan, selama pembuatan membutuhkan 1.300 daun pelope asli pohon Manu yang juga dikenal sebagai daun gadung.

Setelah dibuat, layang-layang tersebut memiliki ukuran 500 cm x 430 cm dan sudah diterbangkan di sisi luar tepi arena Jakarta Garden City pada Jumat (7/10). Masila mengungkapkan, layang-layang tersebut saat diterbangkan harus aman di udara minimal 20 menit.

Hanya saja layang-layang tersebut ternyata bertahan di udara tak kurang dari satu jam dan diturunkan karena ada layangan lain yang menempel. “Ini sudah memenuhi ekspektasi. Tak sia-sia kami tiba lebih awal,” tutur Masila.

Dia menyatakan bangga layang-layang daunnya bisa mencetak rekor terbesar di dunia setelah beberapa kali melanglang ke berbagai festival layang-layang internasioanal. Menurut dia, layang-layang daun buatannya itu juga sudah tiga kali ke Prancis.

Dangarikal juga menilai layang-layang milik La Masala bersaudara sangat mengagumkan setelah mengukur dan memeriksa langsung. Dia juga memeriksa data dan referensi yang ada sebelum meresmikan kepastian lahirnya rekor layang-layang berbahan daun terbesar di dunia itu.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA