Ahad 09 Oct 2016 14:22 WIB

Malam yang Gempita

Red: Arifin

Kecantikan Melbourne bertambah saat purnama tiba. Cerahnya cuaca di malam itu membuat kami menikmati moleknya pemandangan kota. Gemerlap lampu gedung dan perkantoran membuat kota nomor wahid di dunia untuk urusan hunian ini kian cantik. 

Malam itu, kami beruntung dapat menikmati live eventAustralian Football di Melbourne Cricket Ground (MCG) yang hanya berjarak 3 kilometer dari pusat kota.

Pemerintah Negara Bagian Victoria hendak meminjam acara ini sebagai ajang penutupan Food and Beverage Trade Week yang berlangsung pada 14-16 September lalu.

Australian Footbal berbeda dari sepak bola dan American Football. Meski mirip dengan rugbi, olahraga ini memiliki aturan dan lapangan berbeda. Australian Footbal memiliki lapangan yang bulat, sedangkan rugbi kotak. Tak hanya itu, pemain Australian Footbal diharuskan memantulkan bola saat hendak membawa lari bola.

Pemainnya juga dapat mencetak gol dengan menendang. Tak heran jika video perkenalan Australian Football yang dita yangkan menjelang pertandingan menjelaskan bahwa olahraga ini merupakan gabungan dari sepak bola, basket, rugbi, dan kriket. 

Malam itu, kami disuguhi pertandingan semifinal antara Western Buldogs dan Hawthorn. Ada 87 ribu pasang mata yang menyaksikan pertandingan ini langsung di stadion. Penonton didominasi fan Western Buldogs yang menjadi tuan rumah. Stadion pun didominasi warna biru, warna khas Western Buldogs. Kedua suporter beradu yel-yel.

Hanya, Buldogs mendominasi. Sorakan fan Buldogs pun cukup mudah dilakukan. Cukup berteriak "Wuff-Wuff-Wuff-Buldog". 

Pertandingan berlangsung ketat. Meski masih harus mencari cara untuk memahami bagaimana mereka mencetak gol dan melakukan tendangan bebas, kami menikmati pertandingan yang dibagi menjadi empat kuarter itu. 

Meski lebih menguasai pertandingan, penyelesaian akhir Buldogs yang buruk menyebabkan tim itu tertinggal pada kuarter pertama. Walau sempat tertinggal, Buldogs perlahan bisa mencetak gol.

Mereka pun terus mengumpulkan angka hingga kuarter keempat. Tuan rumah memenangkan pertandingan dan masuk ke final Australian Football League (AFL) 2016. 

Setelah pertandingan selesai, penonton membubarkan diri dengan rapi. Meski di lapangan sempat ada adu jotos antara pemain kedua tim, fan dua tim AFL tersebut tampak damai. Tidak ada aksi kerusuhan usai pertandingan. Di beberapa sudut, bahkan tampak fan Hawk dan Buldogs pulang bersama.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement