Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Garuda Food dan Yayasan Batik Indonesia Ajak Generasi Muda Lestarikan Batik

Senin 03 Oct 2016 15:19 WIB

Red: Winda Destiana Putri

?GarudaFood dan Yayasan Batik Indonesia Ajak Generasi Muda Lestarikan Batik.

?GarudaFood dan Yayasan Batik Indonesia Ajak Generasi Muda Lestarikan Batik.

Foto: Dok: GarudaFood

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional 2016, Kacang Garuda, sebagai salah satu produk kategori snack Garuda Food Group mendukung acara Hari Batik Nasional yang diselenggarakan Yayasan Batik Indonesia. Acara tersebut melibatkan siswa untuk mencintai dan melestarikan budaya batik.

Mayasari Sekarlaranti, Ketua Pelaksana Hari Batik Nasional 2016 Yayasan Batik Indonesia mengatakan Batik Karya Saya, bertujuan meningkatkan apresiasi masyarakat khususnya generasi muda terhadap tradisi budaya membatik. "Melalui pelatihan membatik yang hasilnya dipakai sendiri pada kegiatan FunWalk pada peringatan Hari Batik Nasional tanggal 2 Oktober 2016 menunjukkan generasi muda turut melestarikan batik," kata dia dalam keterangan resmi Senin (3/10).

Rangkaian kegiatan ini, lanjut dia, telah dilaksanakan sejak bulan Mei hingga Oktober 2016, dengan tujuan untuk memperkenalkan dan meningkatkan apresiasi dan rasa bangga siswa tingkat sekolah menengah di Jakarta terhadap batik sebagai identitas bangsa.

Agus Afenlie, General Manager Marketing Garuda Food Group menambahkan kegiatan ini merupakan sebuah tantangan dimana generasi muda saat ini lebih bangga mengadopsi budaya negara asing. "Kami berharap melalui program 'Batik Karya Saya' ini, dapat mendorong dan menggalang partisipasi generasi muda akan kepedulian terhadap keberadaan batik sebagai aset budaya yang berakar kepada keberagaman budaya setempat untuk dilestarikan dan dikembangkan."

Melalui kegiatan ini, siswa juga dapat berperan aktif dan melakukan aksi nyata dalam upaya pelestarian batik sebagai warisan budaya bangsa yang memiliki nilai seni tinggi. Yayasan Batik Indonesia adalah suatu lembaga nirlaba yang merupakan wujud dari persamaan kehendak para pecinta, perajin, pengusaha dan pemerhati batik dalam melestarikan dan mengembangkan Batik Indonesia. Yayasan Batik Indonesia (YBI) juga merupakan mitra kerja pemerintah dengan misi sosial, budaya dan ekonomi dalam membina pengusaha atau perajin batik daerah dan Nasional.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA