Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Yuk, Belajar tentang Kopi di Jakarta Coffee Week 2016

Rabu 28 Sep 2016 10:33 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari

Secangkir kopi hitam

Secangkir kopi hitam

Foto: pexels

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mau tahu lebih banyak soal kopi Nusantara bahkan kopi dari berbagai negara lain? ABCD School of Coffee dan perusahaan kreatif HYPE menawarkan edukasi seru soal kopi lewat Jakarta Coffee Week (Jacoweek) 2016.

Yudistira MB, Operation Manager ABCD School of Coffee menyebutkan, Jacoweek 2016 diselenggarakan untuk merayakan fenomena kopi di Indonesia. Event bertema kopi tersebut bakal berlangsung pada tanggal 15 sampai 16 Oktober 2016 di Pantai Indah Kapuk, Jakarta.

"Kopi seperti sudah menjadi bagian dari gaya hidup di ibu kota, karena itu kami menyiapkan wadah bagi semua coffee enthusiast untuk turut serta mengembangkan kopi Indonesia," kata Yudistira.

Ia menjelaskan, perhelatan perdana Jacoweek 2016 dikemas secara kasual agar seluruh elemen masyarakat bisa ambil bagian. Tidak hanya wirausahawan yang tertarik membuka bisnis kopi, masyarakat umum yang hobi minum kopi atau tertarik belajar kopi juga bisa datang untuk lebih mengenal jenis kopi hingga proses pembuatannya.

(baca: Empat Cara Optimalkan Manfaat Kopi)

Pengunjung bisa belajar banyak hal terkait serba-serbi kopi dari berbagai workshop yang dihadirkan selama dua hari. Mulai dari teknik mencicipi kopi alias cupping, menyangrai kopi atau roasting, sampai workshop mengenai cokelat yang tak kalah seru.

Jane Kenny, Business Development HYPE.ID menginformasikan, akan ada 90 tenant utama dan 30 tenant pendukung yang memeriahkan acara tersebut. Selain diisi oleh kedai kopi dan para penyangrai kopi terbaik, tersedia pula stan-stan terkait seperti kue dan roti.

Ia memerinci, sekira 70-75 persen peserta Jacoweek 2016 adalah tenant kopi sementara 25 persen lainnya ialah stan yang bersifat gaya hidup. Jacoweek yang bisa diikuti dengan membayar tiket masuk Rp 10 ribu per orang tersebut menargetkan enam ribu sampai delapan ribu pengunjung selama dua hari penyelenggaraan.

"Kolaborasi para roaster, barista, pemilik kedai kopi, dan semua pendukung acara Jacoweek 2016 kami harapkan dapat membuahkan hasil yang baik untuk kemajuan kopi Indonesia," kata Jane yang membocorkan akan ada musikus pengisi acara yang bakal jadi kejutan di Jacoweek 2016.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA