Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Kompetisi Kopi Meriahkan Jakarta Coffee Week 2016

Rabu 28 Sep 2016 10:23 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari

Teknik menghias di atas kopi atau latte art bisa menghasilkan minuman dengan dekorasi unik.

Teknik menghias di atas kopi atau latte art bisa menghasilkan minuman dengan dekorasi unik.

Foto: flickr

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua kompetisi kopi berskala besar akan memeriahkan event perdana Jakarta Coffee Week 2016. Kegiatan yang diinisiasi HYPE dan ABCD School of Coffee tersebut berlangsung di Pantai Indah Kapuk, Jakarta, 15-16 Oktober 2016.

"Selain puluhan booth dan berbagai workshop, Jacoweek juga menggelar ABCD Latte Art Showdown 2016 dan Battle of Brewer," ujar Yudistira MB, Operation Manager di ABCD School of Coffee.

Ia menjelaskan, ABCD Latte Art Showdown adalah kompetisi membuat latte art yang melibatkan latte artist berbakat dari seluruh Indonesia. Kompetisi yang masuk dalam tahun kedua penyelenggaraan itu menargetkan sekira 120 peserta untuk bisa menunjukkan keahlian mereka.

Sementara, ungkap Yudistira, Battle of Brewers diikuti sedikitnya 80 ahli seduh kopi dari seluruh Indonesia. Para barista itu bakal adu kebolehan menyeduh kopi secara manual menggunakan alat V60.

Para juara dari kedua lomba akan dikirim ke Seoul International Coffee Show di Korea Selatan yang berlangsung November 2016. Diharapkan, mereka bisa semakin mengembangkan kemampuan dengan memperkaya pengetahuan dan mempelajari 'coffee scene' dari banyak negara di sana.

Menurut Yudis, hal itu juga penting untuk pertumbuhan bisnis kopi di Indonesia. Apalagi, menurut International Coffee Organization, Indonesia menduduki urutan keempat produsen kopi terbesar dunia pada 2014 dengan perkiraan produksi mencapai 622 ribu metrik ton per tahun.

"Karena itu kami menargetkan lebih banyak peserta untuk kompetisi tersebut, agar lebih banyak barista yang bisa ikut bertanding, menunjukkan skill, dan mendapat apresiasi dari kemampuan mereka," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA