Rabu 28 Sep 2016 09:08 WIB

10 Makanan Penurun Gula Darah

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Indira Rezkisari
Ternyata tidak semua sayuran membantu upaya penurunan berat badan, salah satu yang bisa adalah brokoli. Sayur ini merupakan makanan rendah glisemik tidak meningkatkan kadar gula dalam darah.
Foto: pixabay
Ternyata tidak semua sayuran membantu upaya penurunan berat badan, salah satu yang bisa adalah brokoli. Sayur ini merupakan makanan rendah glisemik tidak meningkatkan kadar gula dalam darah.

REPUBLIKA.CO.ID, Gula darah merupakan masalah kesehatan yang perlu Anda perhatikan efeknya. Salah satunya, bisa menimbulkan penyakit diabetes. Penyakit ini jelas harus dihindari bagaimanapun caranya apalagi dampaknya bisa menyebabkan kematian.

Mengobati penyakit ini cukup sulit. Untuk itu, Anda harus berupaya mengatur  pola makan Anda dan gaya hidup agar terhindari risiko penyakit ini. Berikut ini makanan yang bisa membantu menurunkan gula darah Anda seperti dikutip laman Lifehack.

Bayam

Bayam memiliki kandungan asam amino tinggi. Bayam juga merupakan sumber yang kaya mineral, kalsium, magnesium dan potassium. Kandungan-kandungan tersebut mampu menurunkan tekanan darah dan membantu menurunkan gula darah.

Alpukat

Alpukat tidak hanya lezat tapi juga bisa menurunkan kadar gula darah. Hal ini karena alpukat merupakan sumber yang kaya lemak tak jenuh tunggal. Lemak ini merupakan jenis terbaik bagi jantung Anda.

Telur

Telur menjadi sumber protein yang baik, lemak sehat dan vitamin seperti B12 dan D. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda hanya perlu mengonsumsinya dalam jumlah sedang (tidak lebih dari beberapa hari). Usahakan membeli telur berkualitas tertinggi.

Kenapa perlu makan telur? Karena telur mampu menurunkan kadar gula darah dengan sangat baik. Telur pada umumnya sangat mudah dicerna sehingga nutrisi cepat diserap sel tubuh.

Brokoli

Brokoli dikemas dengan manfaat yang bisa menurunkan kadar gula darah. Sayuran ini merupakan sumber serat yang mampu memperlambat pelepasan gula dari makanan ke dalam sel-sel kita. Bahkan, jika kita tidak makan gula langsung, segala sesuatu yang kita konsumsi akhirnya berubah menjadi glukosa yang dapat digunakan tubuh kita untuk energi.

Yogurt Non Lemak

Salah satu sumber protein, kalsium, magnesium dan kalium adalah Yogurt non lemak. Nutrisi yogurt bisa menurunkan kadar gula darah serta nafsu makan dengan sangat cepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement