Ahad 18 Sep 2016 19:14 WIB

Basarnas: Atlet Gantole Sumbar Ditemukan Selamat

Ilustrasi olahraga Gantole (Antara/Aloysius Jarot Nugroho)
Ilustrasi olahraga Gantole (Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

REPUBLIKA.CO.ID, SUMEDANG – Badan SAR Nasional (Basarnas) Bandung menyampaikan, seorang atlet gantole asal Sumatra Barat (Sumbar), Rizal Fatoni yang dilaporkan hilang saat berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Sumedang, Jawa Barat, pada Ahad (18/9) petang, berhasil ditemukan dalam keadaan selamat. Humas dan Protokoler Basarnas Bandung, Joshua, mengatakan, Rizal ditemukan di wilayah Situraja, Kabupaten Sumedang, untuk selanjutnya mendapatkan pertolongan medis.

“Kondisi korban selamat, landing-nya clear, posisi korban landing empat kilometer dari tempat take-off,” kata Joshua. Ia mengatakan, pencarian dilakukan oleh tim gabungan unsur terkait termasuk Basarnas Bandung yang menerjunkan tiga tim untuk mencari atlet tersebut.

Upaya pencarian dilakukan di tiga titik oleh masing-masing tim, yakni tim 1 mencari di area Cibugel dan sekitarnya, di Kabupaten Sumedang, selanjutnya tim 2 mencari di area Limbangan, Kabupaten Garut. “Tim 3 mencari di area Nagreg dan sekitarnya (Kabupaten Bandung),” kata Joshua.

Joshua menyampaikan, saat proses pencarian, dirinya sempat berupaya menghubungi atlet tersebut melalui telepon seluler dan tersambung selama empat detik. “Tadi sempat dihubungi dan sempat mengangkat handphone-nya hanya empat detik tapi mati lagi," katanya.

Rizal mengalami masalah saat terbang akibat faktor cuaca buruk sekitar pukul 16.00 WIB. Ia sempat mengeluarkan parasut cadangan ketika menyadari mengalami kendala. Selanjutnya, Rizal terbawa angin yang mengarah ke Limbangan, Kabupaten Garut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement