Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

BSMI Tebar Kurban ke Wamena

Selasa 13 Sep 2016 18:31 WIB

Red: Agus Yulianto

Kurban Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Untuk Negeri di Papua.

Kurban Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Untuk Negeri di Papua.

Foto: dok. BSMI

REPUBLIKA.CO.ID,

PAPUA -- Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1437 H terasa menjadi spesial dan berkesan bagi warga Papua, khususnya di Wamena, Jayawijaya. Betapa tidak, relawan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Kabupaten Jayawijaya, membagikan daging kurban hasil penyembelihan 56 ekor sapi dan 22 ekor kambing pada Senin (12/9). "Bahkan, ada pekurban menitipkan hewan kurbannya melalui transfer dana ke BSMI berasal dari negeri jiran Singapura," kata pengurus nasional BSMI, Prita Kusumaningsih dalam keterangannya yang diterima Republika Online, Selasa (13/9).

Dikatakan Prita, harga daging yang sangat mahal, terutama di wilayah pegunungan Jayawijaya, menyebabkan warga Papua belum tentu mengonsumsi daging sapi tiap tahunnya. Saat ini, harga daging sapi di Papua bisa mencapai Rp 150 ribu  per kg. Bahkan, ada sejumlah wilayah yang lebih mahal karena minimnya akses transportasi. "Dengan adanya program 'Kurban BSMI Untuk Negeri' di Papua, warga setempat tentunya merasakan lezatnya daging sapi yang merupakan keberkahan dari perayaan Idul Adha," ujarnya.

Prita mengatakan, program 'Kurban Untuk Negeri' serentak dilaksanakan sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Papua. Meski hari libur nasional, kata dia, para relawan BSMI berkomitmen melaksanakan kepedulian sosial menyalurkan daging kurban kepada yang berhak. Pasalnya, manfaat daging kurban di Papua bukan hanya bagi warga muslim saja, melainkan juga dinikmati oleh warga non muslim.

Pihaknya bersyukur, pelaksanaan program 'Kurban Untuk Negeri' telah berjalan dengan sukses. Daging kurban dibagikan mulai dari wilayah Sinabung (Sumut), Mentawai (Sumbar), Jakarta, Serang (Banten), Sampang (Jatim) Denpasar (Bali), hingga Jayawijaya (Papua) dan ke beberapa daerah lainnya. Kami sangat berterimakasih kepada pekurban dari para donatur  yang mempercayakan hewan kurbannya melalui BSMI. "Alhamdulillah, salah satu donatur  yang menitipkan hewan kurban yakni Muslim Aid Indonesia, dengan memberikan empat sapi untuk wilayah Jakarta, Depok, dan Banten,” ujar Prita usai pelaksanaan shalat Ied di halaman parkir RSU Al Fauzan (Jakarta Islamic Hospital), Jakarta.

Sementara itu, pelaksanaan pemotongan hewan kurban juga telah dilakukan di Anyer, Kabuaten Serang, Banten oleh para relawan BSMI Provinsi Banten. Daerah kampung Garung Girang, Desa Sukamandi yang terkena bencana banjir bandang beberapa waktu yang lalu, menyembelih satu ekor sapi dari Muslim Aid Indonesia. Sebanyak 150 paket daging kurban telah dibagikan kepada warga RW 04 kampung Garung Girang merupakan korban banjir.

"Saya sangat berterima kasih kepada BSMI dan Muslim Aid yang telah memberikan bantuan daging hewan kurban kepada warga kampung kami," kata ketua RW 04 H Mansur, usai menerima daging kurban yang secara simbolis diberikan oleh Sekretaris BSMI Prov Banten Hengky. Mansur mengatakan kampungnya menjadi terkenal sejak musibah banjir dan mulai diperhatikan pembangunannya oleh pemerintah baik pusat maupun daerah.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA