Olahraga Bisa Dekatkan Anak dengan Keluarga

Selasa , 13 Sep 2016, 13:32 WIB
Pengunjung mencoba menggunakan busur panah milik komunitas pecinta olahraga panahan Should Sulawesi (SS) Archer saat perkenalan olahraga tersebut di Trans Mall, Makassar, Sulawesi Selatan, jumat (19/8).
Foto: Antara/Dewi Fajriani
Pengunjung mencoba menggunakan busur panah milik komunitas pecinta olahraga panahan Should Sulawesi (SS) Archer saat perkenalan olahraga tersebut di Trans Mall, Makassar, Sulawesi Selatan, jumat (19/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi X DPR Dwita Ria Gunadi mengimbau seluruh lapisan masyarakat Indonesia menjadikan olahraga sebagai kebutuhan di keluarga. Rutinitas olahraga juga harus dibiasakan sejak dini.

Dwita menilai, olahraga tidak hanya memberikan tubuh yang sehat, tetapi olahraga juga akan membuat pikiran anak jadi segar kembali. Apalagi anak-anak saat ini sangat menggemari bermain gadget.

“Anak-anak sekarang hampir sebagian waktunya dihabiskan untuk belajar dan bermain gadget, dengan menjadikan olahraga sebagai kebutuhan dalam keluarga, kita juga jadi dapat mengontrol anak bermain gadget. Dengan demikian waktu bersama keluarga jadi lebih sehat dan akrab dengan kebiasaan olahraga bersama,” ujar Dwita.

Apalagi, berdasarkan data dari Badan PBB untuk Urusan Anak-Anak (UNICEF) jumlah anak-anak kegemukan atau obesitas di Indonesia, tercatat paling tinggi di antara negara-negara kawasan Asia Tenggara, yaitu 12,2 persen. Jauh dibanding Thailand dan Malaysia yang dibawah sepuluh persen.

Dwita mengatakan obesitas berbahaya bagi kesehatan. Alhasil, olahraga harus dijadikan sebagai kebutuhan keluarga. Politisi F-Gerindra itu menambahkan, agar anak-anak dapat menyukai olahraga, orang tua bisa memberi kebebasan kepada anak agar memilih olahraga sesuai dengan keinginannya.  

Politisi asal dapil Lampung itu melihat, di beberapa daerah sudah tersedia fasilitas olahraga umum. Khusus di Bandar Lampung, Lampung, ia mencontohkan di Lapangan Saburai dan GOR Pemuda Way Halim.

“Bisa bersepeda bersama, jalan santai. Apalagi pemerintah Kota sudah melaksanakan car free day setiap minggu didekat tugu Adipura, tentunya harus disambut dengan baik dan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk olahraga bersama keluarga,” kata Dwita.

 

Sumber : pemberitaan DPR