Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Kekuatan Tersembunyi Makan Pisang Setiap Hari

Jumat 09 Sep 2016 08:15 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari

Pisang

Pisang

Foto: pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, Pisang merupakan salah satu makanan ringan yang sehat. Buah-buahan ini juga mudah dibawa sebab tidak rentan terhadap kontaminasi.

Buah berwarna kuning ini dapat mengembalikan energi dengan cepat. Sering kali setelah acara lari, pelari diberikan pisang untuk membuat tubuh tidak terasa lelah.

"Pisang dikemas tidak hanya dengan kalium, tetapi juga tingkat yang baik dari vitamin C dan magnesium," kata ahli gizi Sandhya Gugnani dikutip dari Times of India, Jumat (9/9).

Buah yang tumbuh setidaknya di 107 negara ini juga kaya akan vitamin B dan memiliki mineral, seperti yodium, zat besi, selenium dan zinc. Dengan pelbagai nutrisi itu, pisang sangat dianjurkan untuk menjadi bahan tambahan dalam menu sehari-hari.

Di samping itu, pisang sangat baik untuk menjaga jantung tetap sehat, baik untuk usus dan menjaga tulang terus kuat. Bahkan, pisang merupakan buah-buahan yang bagus dikonsumsi setiap hari untuk pola diet sehat sebab membuat kenyang dan mencegah mengonsumsi gula secara berlebihan.

Nyatanya juga pisang tidak hanya cocok dimakan, buah ini bisa diolah sebagai trik dalam beberapa hal. Jika biasanya kulit pisang dibuang begitu saja, coba gunakan untuk mengoleskannya pada sepatu, kemudian bersihkan dengan kain.

Selain itu, pisang yang sudah dihaluskan dan dicampur yogurt, dapat menjadi vitamin untuk bulu kuda agar tetap sehat dan berkilau. Tapi jika bubur pisang dicampur kunyit, bisa menjadi obat bagi tumit yang pecah-pecah.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA