Rabu 07 Sep 2016 16:29 WIB

4 Masalah pada Organ Kewanitaan yang Harus Segera Diperiksa

Rep: Gita Amanda/ Red: Andi Nur Aminah
Miss V (ilustrasi)
Foto: Health
Miss V (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,Beberapa perempuan tentu pernah mengalami permasalahan pada organ kewanitaannya. Keputihan salah satunya atau sakit saat berhubungan seksual bagi pasangan yang telah menikah.

Sejumlah permasalahan mungkin dianggap cukup umum. Namun ada beberapa gejala genekologi tertentu yang memerlukan pemeriksaan sesegera mungkin oleh dokter.

Direktur The Southern California Center for Sexual Health and Survivorship di Newport Beach, California, Michael Krychman mengatakan dua hal utama yang perlu diperhatikan jika terjadi gangguan pada organ kewanitaan antara lain tingkat rasa sakit dan seberapa cepat perkembangannya.

 

Di bawah ini seperti dilansir Health.com, ada empat gejala masalah pada organ kewanitaan yang harus segera diperiksa.

Sakit seperti 'luka bakar' saat buang air kecil dan air seni yang tak normal

Beberapa keputihan dianggap normal pada organ kewanitaan. Tapi jika keputihan tersebut memiliki bau, warna atau konsistensi yang signifikan ini bisa menjadi lampu merah.

"Perempuan mengalami siklus mereka sendiri. Jadi saat itu mulai berubah, ini merupakan indikasi sesuatu bisa saja salah," kata Dr Krychman.

Ia mengatakan terkadang orang mencoba mendiagnosa sendiri apa yang menyebabkan cairan abnormal. Namun mereka kerap salah penilaian sehingga mengobatinya sendiri justru berakhir infeksi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement