Selasa 06 Sep 2016 14:08 WIB

Sudah Sesuaikah Asupan Gizi untuk Balita Anda?

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Anak makan ikan
Foto: Amin Madani/Republika
Anak makan ikan

REPUBLIKA.CO.ID, Asupan gizi yang seimbang memegang peranan penting dalam proses tumbuh kembang anak khususnya di usia keemasan. Ketika anak berada dalam rentang usia di atas satu tahun hingga di bawah lima tahun, ada beberapa asupan gizi yang perlu diutamakan dibandingkan asupan gizi lainnya.

Dokter anak dari RS Hermina Depok Otty Mitha Sevianti mengatakan dalam rentang usia ini asupan yang paling banyak dibutuhkan oleh anak ialah protein. Protein dibutuhkan oleh anak dalam rentang usia ini untuk menunjang sel-sel dalam tubuh anak.

"Penunjang itu (protein) butuh porsi yang lebih tinggi," terang Mitha saat ditemui dalam Cerebrofort Golden Kids & Mom Expo 2016 di Living World Mall, Alam Sutera belum lama ini.

Asupan gizi kedua terbesar yang diperlukan anak dalam rentang usia di atas satu tahun dan di bawah lima tahun adalah karbohidrat. Sedangkan lemak, Mitha mengatakan justru hanya dibutuhkan oleh anak dalam rentang usia ini dengan porsi kecil. "Lemak, baik jenuh atau tak jenuh, glutamat, itu untuk proses pembentukan otak," tambah Mitha.

Mitha juga mengatakan asupan vitamin dan mineral dibutuhkan oleh anak dalam rentang usia ini. Mitha mengatakan asupan vitamin dibutuhkan karena tidak diproduksi oleh tubuh. Padahal, vitamin juga memiliki peran untuk menunjang sel-sel tubuh. Oleh karena itu, Mitha menyarankan agar orang tua memberikan asupan makanan kaya vitamin pada anak.

Setiap vitamin memiliki peran masing-masing dalam proses tumbuh kembang anak. Vitamin B dan C misalnya, lanjut Mitha, bermanfaat dalam pembentukkan sel-sel tubuh anak. Sedangkan vitamin D bermanfaat dalam proses pertumbuhan tulang dan gigi anak. "Vitamin E, itu seperti antioksidan ya, untuk menjaga sel-sel tubuh (anak)," jelas Mitha.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement