Selasa 06 Sep 2016 06:42 WIB

Mengintip Sebabkan Bintitan, Mitos atau Fakta?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Mata sehat
Foto: wikipedia
Mata sehat

REPUBLIKA.CO.ID, Anda pasti pernah mendengar kalau masalah mata bintitan ini merupakan hasil dari mengintip orang mandi? Jika mendengar mitos itu rasanya lucu. Bagaimana bisa mengintip orang mandi menyebabkan mata bintitan. Mau tahu apa sebenarnya bintitan itu? Simak penuturan dokter spesialis mata dari Jakarta Eye Center (JEC), dr Tri Rahayu MD Fiacle berikut ini.

Ia menjelaskan bintitan juga merupakan masalah pada mata. Masalahnya sama dengan jerawat sebenarnya. Kasus ini disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori kelenjar lemaknya sehingga lemaknya tidak bisa keluar dan tertimbun. Karena di kelopak mata banyak kelenjar lemak, kelenjar minyak setiap kelopak ada 50, muaranya di belakang bulu mata, baris di situ ada pori-pori kecil-kecil.

“Kalau di situ tersumbat maka menyebabkan terjadinya timbunan lemak, lemaknya nggak bisa keluar, tertimbun jadinya meradang,” ujarnya dalam acara Seminar Kiat Mengatasi Ketergantungan Anak pada Kacamata dan Gadget, di JEC @Kedoya, Jakarta.

Penyumbatan karena pori-porinya tertutup debu atau kulit yang mengelupas karena digosok-gosok. Bagaimana mengatasinya? Menurutnya, pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah kompres air hangat di kelopak mata di benjolan.

Setelah itu, tentu saja perlu pengobatan minum obat antibiotik atau bisa salep antibiotik. Konsultasi ke dokter mata segera kalau ada benjolan menggangu yang bisa terjadi di sepanjang kelopak mata. “Kasus ini memang tidak terlalu banyak, karena tersumbat,” ungkapnya.

Lalu bagaimana dengan mitos mengintip orang mandi? Menurutnya mungkin kalau zaman dulu kalau mengintip orang itu karena temboknya pakai kapur, kapurnya ini menutupi pori-pori hingga menyebabkan bintitan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement