Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

Mengatur Pengeluaran Anak Agar Hemat 50 Persen

Rabu 24 Aug 2016 08:16 WIB

Red: Indira Rezkisari

Barang-barang bayi memang menggemaskan, tapi tidak semuanya harus dimiliki.

Barang-barang bayi memang menggemaskan, tapi tidak semuanya harus dimiliki.

Foto: pexels

REPUBLIKA.CO.ID, Saat memiliki buah hati tercinta berarti kita telah siap dengan segala kebutuhan yang dia perlukan dalam perjalanan hidupnya nanti. Untuk memenuhi kebutuhannya tersebut, kita sebagai orang tua harus bisa mengatur keuangan kita dengan sebaik mungkin, bahkan jika bisa kita lakukan penghematan dan menambah tabungan untuk keperluan masa depanya nanti yang masih panjang.

Mengurus dan membesarkan sang buah hati juga memiliki tantangan tersendiri, terutama dalam hal finansial. Pengeluaran yang diperlukan untuk menunjang kebutuhanya kelak akan cukup menguras sebagian dari tabungan. hal tersebut tentunya masih bisa diminimalisir dengan memiliki tabungan khusus serta berhemat  semaksimal mungkin agar kebutuhanya tetap diperhatikan.

Walaupun berhemat ini cukup sulit dalam pelaksanaanya, namun sebagai orang tua kita bisa mencobanya terlebih dulu, seperti beberapa hal di bawah ini:

Membeli Barang Bekas yang Masih Bagus

Bagi para orang tua yang buah hatinya senang dengan kegiatan olahraga, atau juga suka bermain dengan permainan yang bersifat edukasi dan aman tentunya, terkadang kita memerlukan anggaran khusus untuk memenuhi kebutuhan anak tersebut. Dana yang diperlukan juga tidak sedikit karena peralatan olahraga dan juga permainan yang berkualitas baik, biasanya memiliki harga yang relatif tinggi.

Jika berada dalam situasi tersebut, Anda tidak perlu khawatir dulu, karena saat ini rupanya ada beberapa alternatif cara yang bisa mewujudkan keinginan sang buah hati. Anda bisa mencoba membeli peralatan olahraga tersebut secara daring di marketplace yang menjual barang bekas, namun berkualitas dan masih layak pakai tentunya.  Selain harganya bisa lebih murah, anak-anak tetap dapat menggunakannya sesuai kebutuhan mereka.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA