Selasa 23 Aug 2016 15:17 WIB

Ngemil Sebelum Tidur, Mengapa tidak?

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Andi Nur Aminah
Pisang dan bubur makanan yang direkomendasikan sebelum tidur
Foto: Dailymail
Pisang dan bubur makanan yang direkomendasikan sebelum tidur

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagian pakar tidur lazimnya menyarankan untuk melakukan yoga, mandi, atau menghindari minuman keras agar bisa tidur nyenyak. Namun, pakar konsultasi tidur dari Brisbane, Shea Morrison, justru menyarankan hal lain.

Pendiri The Good Night Co itu malah menganjurkan untuk ngemil sebelum tidur. Kudapan yang disarankan termasuk bubur, beberapa cuil keju, ham, pisang, sandwich, atau apa pun yang mengandung serat, protein, dan lemak.

"Mengonsumsi makanan berat sebelum tidur memang bisa mengganggu pencernaan saat tidur, namun ada makanan ringan yang bisa Anda konsumsi dalam jumlah tepat dan justru membantu tidur lebih nyenyak," kata Morrison kepada Daily Mail Australia.

Selain tidak membuat Anda tidur dalam kondisi kelaparan, beberapa makanan itu bisa membantu proses pemulihan tubuh pada malam hari. Dengan demikian, Anda dipastikan bangun dengan kondisi penuh energi pada hari berikutnya.

Morrison menyarankan untuk membuat sendiri 'sandwich tidur' yang terdiri atas roti, pisang, selada, dan bisa ditambahkan dengan olesan marmite. Kudapan itu sangat baik mengingat pisang merupakan sumber magnesium dan kalium serta mengandung zat alami yang membantu menginduksi tidur.

Selain itu, konsumsi serat juga dianjurkan untuk istirahat yang lebih nyenyak dan restoratif. Anda bisa mendapatkannya dari tart ceri maupun dari biji-bijian seperti bulgur atau barley.

"Serat adalah asupan yang baik dikonsumsi sepanjang hari. Jumlah kebutuhannya bervariasi bagi setiap orang namun ampuh meningkatkan kualitas tidur Anda di malam hari," tutur Morrison.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement