Saturday, 15 Rajab 1442 / 27 February 2021

Saturday, 15 Rajab 1442 / 27 February 2021

Stadion GBLA Siap Digunakan untuk Venue PON

Ahad 21 Aug 2016 21:48 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: M Akbar

Sejumlah petugas membawa perlengkapan panggung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Ahad (21/8). (Mahmud Muhyidin)

Sejumlah petugas membawa perlengkapan panggung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Ahad (21/8). (Mahmud Muhyidin)

Foto: Mahmud Muhyidin

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage, Bandung, dipastikan sudah siap untuk menyambut hajatan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XIX pada September mendatang. Hal itu diketahui seusai Ketua harian PB PON Iwa Karniwa dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meninjau langsung lokasi.

Menurut Iwa yang menjabat juga sebagai sekda Jabar, ia kembali meninjau Stadion GBLA bersama Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil Ahad (21/8) pagi. Turut beberapa pengurus besar PON dan dinas terkait untuk langsung menyampaikan kesiapan stadion bertaraf internasional tersebut.

Iwa mengatakan, dibandingkan peninjauan serupa pada Juli lalu, kesiapan kali ini sudah mendekati sempurna. Dalam perbincangan kunjungan tersebut terungkap, segi penunjang mulai dari lampu penerangan, akses jalan, bahkan jalur emergency sudah dipastikan kesiapannya. Namun, untuk masalah air di toilet VIP sejauh ini belum berfungsi sepenuhnya.

"Toilet VVIP airnya belum berfungsi ya ini. Tapi, dari masalah sebelumnya ini lebih baik," ujar Iwa kepada wartawan.

Menurut Iwa, PJU pun yang dulu belum bisa diakses sekarang akses jalannya sudah lebih baik. Ia berharap, dukungan warga juga untuk menjaga GBLA sampai nanti bisa dilangsungkannya PON pada 17 September mendatang. "Gotong royong warga semangatnya bisa terus terjalin," katanya.

Sementara menurut Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, Kota Bandung yang juga akan digunakan beberapa venue-nya oleh beberapa cabang olahraga, saat ini sudah cukup siap. Untuk beberapa venue yang belum lengkap, lewat pengembang dinyatakan pada 31 Agustus sudah dipastikan selesai.

Khusus GBLA, kata dia, sudah jauh lebih baik. Camat di lokasi GBLA, sudah bisa memberikan pemahaman pada warga untuk bisa sama-sama membantu menyukseskan hajat olahraga empat tahunan.

"Fasilitas lain semua pokonya sudah komitmen bahwa tanggal 31 Agustus selesai," katanya.

Masalah lainnya, kata dia, adalah terkait pengecatan, Ia berharap tidak ada hujan. "Tapi saya sudah paksa akali saja pakai tenda (kalau ngecat hujan)," seraya mengatakan, masalah penerangan air, juga pada jelang hari-H semuanya sudah tersedia.

Pada Sabtu 17 September nanti, GBLA akan digunakan sebagai pembukaan PON XIX. Ragam persiapan sudah dilakukan panitia dengan melibatkan ribuan orang dalam pembukaan yang dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA