Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

Aher Ajak Warga Jabar Gemar Dermakan Darah

Sabtu 20 Aug 2016 20:40 WIB

Red: Agung Sasongko

Donor Darah

Donor Darah

Foto: Republika/Adhi Wicaksono

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengajak seluruh warga Jabar untuk gemar dan terbiasa mendermakan darahnya pada peringatan Hari Donor Darah Sedunia di depan Gedung PMI Jalan Aceh Kota Bandung, Sabtu (20/8).

"Saya mengajak semua warga untuk gemar dan terbiasa mendermakan darahnya. Selain tindakan kemanusiaan, juga bermaanfaat bagi donor (penderma) darah karena menyehatkan yang bersangkutan," kata Ahmad Heryawan.

Pria yang akrab disapa Aher ini menegaskan bahwa kegiatan tersebut menyehatkan penderma darah, seperti mendapatkan kesehatan psikologis, mengurangi risiko penyakit jantung akibat tingginya zat besi dalam darah, meningkatkan produksi sel darah merah, dan bisa menurunkan berat badan.

Aher yang datang didampingi istrinya, Netty Prasetyani Heryawan, langsung bersiap untuk bersama-sama mendermakan darahnya pada Peringatan Hari Donor Darah Sedunia. "Hari ini saya akan mendermakan darah. Mari masyarakat datang ke PMI mendermakan darahnya," katanya.

Menurut dia, antusiasme tinggi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya, tidak otomatis membuat tempat instalasi pengolahan darah yang representatif ada di berbagai daerah.

Di PMI Kota Bandung, misalnya, yang memiliki instalasi pengolahan darah dan sarana dan prasarananya yang paling baik. Oleh karena itu, Pemprov Jabar telah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk membangun sarana instalasi pengolahan darah yang representatif di berbagai tempat, seperti di Kabupaten Bogor, Cianjur, Sukabumi, Tasikmalaya, dan Kabupaten Bekasi.

"Untuk ketersediaan darah, sebagaimana laporan Ketua PMI, cukup. Namun, yang akan terus kami kembangkan dan lengkapi adalah instalasinya, alat-alat, atau sarana dan prasarananya karena tren masyarakat saat ini memiliki minat tinggi menjadi penderma darah sehingga ke depan tidak akan ada masalah apa pun terkait dengan stok darah," katanya.

sumber : Antara
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA