Rabu 17 Aug 2016 07:18 WIB

Hindari Kebiasaan Mengunyah Es Batu

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah
Mengunyah es batu (ilustrasi)
Foto: Boldsky
Mengunyah es batu (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,   Menguyah es batu? Hmm... mungkin kebiasaan mengunyah es batu sering dilakukan bahkan hampir semua orang. Dilansir Boldsky, ternyata hal ini menjadi bentuk dari gangguan yang dikenal sebagai pagophagia.

Beberapa orang mengunyah es batu untuk menghilangkan rasa bosan. Selain itu sebagian orang mengunyah es batu untuk menghilangkan rasa kering di mulut. Namun ternyata kebiasaan ini memberikan dampak yang cukup buruk bagi kesehatan terutama gigi manusia.

Mengunyah es batu dapat merusak gigi jika dilakukan secara sering. Hal ini akan memengaruhi email gigi dan membuat masalah yang mungkin serius di kemudian hari. Banyak orang yang berusaha menghilangkan rasa dehidrasi dan mual dengan mengunyak es.

Jika seseorang menderita masalah tersebut, disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu. Di sisi lain, kebiasaan mengunyah es cenderung membuat seseorang kehilangan nafsu makan dan menyebabkan kekurangan gizi. Diet dengan mengonsumsi es batu memang dapat menurunkan berat badan, namun cara ini juga dapat membuat efek samping dalam jangka panjang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement