Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Nishikori Akhiri Penantian 96 Tahun Jepang di Olimpiade

Senin 15 Aug 2016 13:25 WIB

Red: M Akbar

Kei Nishikori

Kei Nishikori

Foto: REUTERS/Toby Melville

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Kei Nishikori meraih medali tenis Olimpiade pertama untuk Jepang dalam hampir satu abad pada Ahad (14/8) ketika dia memenangi laga perebutan medali perunggu melawan Rafael Nadal.

Nishikori menang dengan skor 6-2, 6-7 (1/7), 6-3 dan menjadi petenis peraih medali pertama Jepang sejak turnamen di Antwerp tahun 1920, ketika Jepang memenangi medali perak putra dan ganda putra.

Nadal, juara tunggal putra Olimpiade 2008 di Beijing, bermain di pertandingan ke-11 dia di Rio. Petenis 30 tahun asal Spanyol itu tidak kalah dengan mudah, melawan balik setelah ketinggalan 2-5 di set kedua dan mendesak play-off untuk penentuan.

"Saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan dari 5-2, saya sedikit capek dan dia mulai bermain lebih baik. Saya jelas terburu-buru untuk memenangkan beberapa poin terakhir," kata Nishikori.

"Saya berusaha menyegarkan kembali pikiran saya di set ketiga," kata Nishikori, yang mengaku bermain agresif dan percaya diri setelah mematahkan servis lawan.

Nadal memenangi medali emas ganda putra bersama Marc Lopez pada Jumat dan kemudian kalah dalam laga semifinal epik tiga jam melawan peringkat 141 dunia Juan Martin del Potro pada Sabtu.

Nishikori sembilan kali kalah dalam sembilan pertemuannya dengan Nadal sebelumnya. Namun dia akhirnya terbukti terlalu kuat bagi 14 kali juara turnamen besar yang bermain pada turnamen pertamanya dalam hampir tiga bulan setelah cedera pergelangan tangan memaksanya mundur awal dari Prancis Terbuka itu.

"Pergelangan tangan saya mengganggu ketika saya melakukan pukulan forehand, tapi saya bermain berjam-jam dan setidaknya pergelangan tangan saya tidak makin parah," kata Nadal seperti dikutip kantor berita AFP.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA